visitaaponce.com

Lonjakan Pemudik Sudah Terjadi di Terminal Tanjung Priok

Lonjakan Pemudik Sudah Terjadi di Terminal Tanjung Priok
Pemudik di Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta.(Dok. Metro TV)

TERMINAL Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai mengalami lonjakan penumpang di H-4 Lebaran 2024 pada Sabtu, (6/4). Hingga pukul 14.00 WIB, tercatat ada 492 pemudik yang berangkat menggunakan 41 bus ke sejumlah daerah.

Azizah, salah satu pemudik tujuan Madura, mengaku tak ada pilihan lain, selain menggunakan bus dari Tanjung Priok. Hal ini disebabkan tiket kereta yang sudah habis jauh-jauh hari.

"Emang liburnya mepet, kehabisan (tiket kereta), mau memesan kereta kehabisan, saya pesan bus ini udah dari dua minggu lalu," kata Azizah di Tanjung Priok, Sabtu, 6 April 2024.

Baca juga : Jateng Mulai Dipadati Pemudik

Menurutnya, pembelian tiket bus tahun ini mengalami kenaikan harga Rp30 ribu dibanding tahun lalu. Ia pun merasa keberatan lantaran tiket bus turut naik harga di samping kebutuhan bahan-bahan pokok.

"Tahun kemarin Rp650 ribu, sekarang Rp680 ribu, naik," ujarnya.

Kasiops Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sudinhub Jakarta Utara, Ikhwan Purnama, mengaku sudah melihat adanya peningkatan jumlah pemudik secara signifikan di Terminal Tanjung Priok. Begitu juga pada perbatasan wilayah Jakarta Utara.

Baca juga : Arus Mudik di Depok Diprediksi Mulai H-10 Lebaran

"Sudah, sudah, saya lihat di Terminal sudah terjadi okupansi yang meningkat mungkin hampir 50 persen di tanggal 6 ini dan Minggu besok mungkin sampai 90 persen," kata Ikhwan.

Ikhwan mengimbau agar calon penumpang tidak menggunakan jasa calo untuk dapat memesan tiket bus.

"Supaya untuk para penumpang tidak menggunakan jasa calo tapi beli tiket pada tempatnya di offline maupun online," kata Ikhwan.

Baca juga : Mudik Lebaran 2023, Ratusan Orang Diberangkatkan dari Terminal Jatijajar Depok

Sudinhub juga mengerahkan 279 personel selama arus mudik lebaran tahun ini.

"Ada 79 personel di luar dan dalam terminal, sementara 200 tersisa diploting di tempat-tempat hiburan, wisata yang saat Idul Fitri timbul kepadatan," kata Ikhwan.

Diprediksi puncak arus mudik dari Terminal Tanjung Priok akan terjadi pada 7 hingga 9 April mendatang.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat