visitaaponce.com

Presiden Kepala Daerah Harus Siap Hadapi 123 Juta Pemudik

Presiden: Kepala Daerah Harus Siap Hadapi 123 Juta Pemudik
Presiden Joko Widodo memberi keterangan pers di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4)(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh kepala daerah bersiap menghadapi jumlah pemudik yang sangat besar. Instruksi tersebut disampaikan dengan berlandaskan data Kementerian Perhubungan yang menyebut sebanyak 123 juta orang akan pulang ke kampung halaman. Angka itu naik signifikan dari jumlah tahun lalu yang hanya 86 juta pemudik.

"Masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 juta, sekarang ini 123 juta," ujar Jokowi di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4). 

Presiden Jokowi juga menginstruksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri BUMN Erick Thohir untuk terus melakukan antisipasi dan memonitor situasi di lapangan. Dengan demikian , diharapkan arus mudik dan balik bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: 15 April, Tol Cisumdawu Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

"Kita harus betul-betul menyiapkan diri karena ini melompat dari 86 juta ke 123 juta," jelasnya. 

Sebagai dukungan untuk memperlancar mudik, pemerintah akan mengoperasikan sejumlah ruas tol yang sudah rampung pengerjaannya. Beberapa di antara mereka adalah Tol Cisumdawu di Jawa Barat dan Tol Semarang-Demak di Jawa Tengah. 

Baca juga: Pemerintah akan Cabut Izin PO Bus yang Naikkan Harga Gila-gilaan

"Menjelang lebaran jalan tol itu akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan. Setelah nanti lebaran, baru dicek lagi," jelasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat