visitaaponce.com

Polisi Gerebek Rumah Penampungan Baby Lobster, 13 Orang Diamankan

Polisi Gerebek Rumah Penampungan Baby Lobster, 13 Orang Diamankan
Rilis ungkap kasus dilakukan Polda Sumsel atas penggerebekan rumah penampungan baby lobster, Kamis (2/12/2021).(MI/Dwi Apriani.)

SEBANYAK 13 orang diamankan dalam operasi penggerebekan oleh Ditreskrimsus Polda Sumsel di dua rumah yang dijadikan tempat penampungan sementara baby lobster atau benur di Desa Mulia Sari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Rabu (1/12) dini hari.

Selain pelaku, petugas menyita barang bukti 153.450 benur yang masih disimpan di bak khusus penampungan di dua rumah yang digerebek. Barang bukti lain yang turut disita di antaranya tedmon ukuran ratusan liter tempat penampungan air laut, lemari es, berbagai jenis tabung oksigen, kolam terpal tempat menampung benih lobster, dan peralatan lain.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Barly Ramadhani mengatakan penyidik Ditreskrimsus masih melakukan pemeriksaan untuk mendalami peran setiap pelaku. "Kami juga masih mendalami asal benih lobster dan tujuan pengiriman serta aktor intelektual dalam kasus ini," kata Barly kepada wartawan di sela konferensi pers kasus penggerebekan rumah penampungan baby lobster di Mapolda Sumsel, Kamis (2/12).

Dari hasil interogasi pemilik rumah, kata Barly, para pelaku baru sekitar satu bulan menyewa rumah itu. Begitu juga dengan barang-barang yang digunakan untuk menampung benih lobster.

"Lokasi penggerebekan hanya dijadikan tempat penampungan sementara benih lobster. Benih ini pasti akan dikirim. Untuk tempat pengiriman masih kami dalami," ungkapnya.

Baca juga: Selama Musim Hujan Pendakian Semua Gunung di Malang Ditutup

Barly menyebut, dengan penggerebekan lokasi penampungan sementara benih lobster, pihaknya berhasil mencegah kerugian negara sebesar Rp24 miliar lebih. "Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan untuk penanganan benih lobster untuk segera dilepaskan ke habitatnya," tandasnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat