visitaaponce.com

5.205 Orang Terdampak Erupsi Semeru, Korban Meninggal 22 Jiwa

5.205 Orang Terdampak Erupsi Semeru, Korban Meninggal 22 Jiwa
Kondisi rumah warga yang rusak diterjang guguran awan panas Gunung Semeru(ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

JUMLAH masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, mencapai 5.205 orang. Sedangkan korban jiwa mencapai 22 orang.

"Jumlah itu total dari dua kecamatan terdampak langsung guguran awan panas dan delapan kecamatan terdampak debu vulkanik,� kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam telekonferensi, hari ini.

Sebanyak 2.004 orang tengah mengungsi yang tersebar di 19 titik. Rinciannya, 1.136 orang mengungsi di enam titik di Kecamatan Candipuro, 305 orang mengungsi di sembilan titik di Kecamatan Pronojiwo.

"Kemudian 563 orang mengungsi di empat titik di Kecamatan Pasirian," tutur Abdul.

Abdul menyebut masih ada 27 korban hilang. Tim di lapangan terus memasifkan upaya untuk menemukan seluruh korban hilang.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Akan Meninjau Dampak Erupsi Semeru Secara Langsung

Sedangkan jumlah korban jiwa bertambah per hari ini. Total Sebanyak 22 orang meninggal akibat bencana alam itu. "Terdiri dari 14 korban jiwa di Kecamatan Pronojiwo dan delapan korban jiwa di Kecamatan Candipuro," kata Abdul.

Abdul memerinci lima dari 14 korban jiwa di Pronojiwo belum teridentifikasi. Terdiri dari dua korban jiwa di RSUD Pasirian dan tiga korban lainnya ditemukan di RT16/RW05 Curah Kobokan pada 14.15 WIB.

"Sembilan korban jiwa di Pronojiwo lainnya sudah dimakamkan," papar dia.

Sementara itu, satu dari delapan korban jiwa di Candipuro belum teridentifikasi. Korban ditemukan di Kebondeli Selatan pada 15.45 WIB. "Jadi tujuh orang sudah teridentifikasi dan sudah dimakamkan," tutur Abdul.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat