visitaaponce.com

Harimau Sumatra Terlihat di Solok Warga Diminta Waspada

Harimau Sumatra Terlihat di Solok Warga Diminta Waspada
Jejak cakaran Harimau Sumatra(MI/Ramdani)

BALAI Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) mendapat laporan dari Walinagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, soal kemunculan harimau sumatra.

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono menyatakan bahwa walinagari setempat menyebutkan adanya penampakan satwa liar harimau sumatra di Jorong Lubuk Salasih Nagari Batang Barus, Kecamatan  Gunung Talang, Kabupaten Solok. Kawasan itu merupakan jalur lintas Sumatra yang menghubungkan Padang - Solok - Jambi.

Tim BKSDA Sumbar, jelas Ardi, telah menuju ke  lokasi untuk melakukan verifikasi dengan hasil laporan tersebut, antara lain, ditemukan jejak satwa harimau Sumatra di luar kawasan hutan/konservasi.

Kemudian adanya korban 1 ekor anjing (mati) milik Pian tanggal 18 Juni 2022 pukul 23.00 WIB.

"Penampakan harimau Sumatra pada hari Minggu,19 Juni 2022 pukul 22.00 oleh Muhammad Rais. Di lokasi ditemukannya jejak harimau Sumatra," jelas Ardi, Selasa (21/6).

Pihaknya meminta kepada masyarakat di sekitar lokasi ditemukannya jejak harimau tersebut  agar tidak keluar rumah sendirian pada malam hari jika tidak ada keperluan mendesak.

"Kepada warga yg memiliki atau memelihara hewan ternak berupa kambing agar untuk sementara membawa hewan ternak tersebut ke pemukiman atau dikandangkan," ujarnya.

"Kami juga meminta bantuan kepada Walinagari, kepala jorong, dan masyarakat untuk sementara melakukan pengusiran atau penghalauan secara mandiri dengan melakukan bunyi-bunyian menggunakan meriam karbit," pesan Ardi. (OL-13)

Baca Juga: Hampir Separuh Warga Kalsel belum Peroleh Layanan Air Bersih

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat