visitaaponce.com

Dana Renovasi Cair, Ridwan Kamil Segera Bangun Rumah Tahan Gempa

Dana Renovasi Cair, Ridwan Kamil: Segera Bangun Rumah Tahan Gempa
Dana Renovasi Cair, Warga Cianjur Diminta Bangun Rumah Tahan Gempa(MGN/Muchlis Bachtiar)

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mempersilakan warga Cianjur untuk memperbaiki rumah mereka terdampak gempa. Pasalnya, pemerintah telah mencairkan dana bantuan ke rekening 8.100 kepala keluarga.

"Hari ini sangat meaningful karena dana bantuan telah dikirim ke 8 ribu (kepala keluarga) yang sudah terverifikasi. Bapak Presiden juga memutuskan untuk menaikkan dana bantuan, rusak berat menjadi Rp60 juta, sedang Rp50 juta, dan rusak ringan Rp15 juta," ujar Ridwan Kamil, Kamis (8/11/2022).

Baca juga: Warga Korban Gempa Cianjur belum Terima Dana Kompensasi dari Pemerintah

Gubernur yang akrab disapa RK ini meminta warga untuk mulai membersihkan puing-puing bangunan yang rusak. Ia berharap uang bantuan yang sudah diterima secepatnya digunakan untuk membangun atau merenovasi rumah dengan jenis bangunan tahan gempa.

"Perintah Presiden hari ini seiring dengan BMKG menyampaikan gempa sudah makin mereda, warga terdampak untuk segera mencairkan dana yang telah diterima dan digunakan untuk membangun kembali rumah mereka, tapi dengan standar rumah tahan gempa," tuturnya.

Untuk menghindari adanya warga yang membangun rumah dengan desain awal dan tidak sesuai dengan standar kegempaan, pemerintah akan memandu dan mengawasi renovasi rumah warga.

"Pemprov Jabar, Pemkab Cianjur, dan Kementerian PUPR sedang menyiapkan tim, sehingga jika ada warga yang masih kebingungan, nanti tim ini yang akan memberi referensi. KIta juga sedang membuat panduan di media sosial, agar info ini cepat diterima masyarakat yang memerlukan," kata RK. 

Baca juga: Presiden: Pembangunan Sekolah Harus Selesai Tiga Bulan

Diketahui Presiden pada hari ini, kembali ke Cianjur, Jawa Barat, untuk meninjau posko dan memberikan bantuan serta berdialog dengan masyarakat korban gempa. Presiden mengatakan bahwa bantuan yang diberikan hari ini ditujukan kepada 8.100 rumah yang terdampak, dari total 53.408 rumah dan bangunan yang rusak. (Ren/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat