visitaaponce.com

Puluhan Rumah Rusak akibat Puting Beliung di Banyuasin

Puluhan Rumah Rusak akibat Puting Beliung di Banyuasin
Ilustrasi(DOK.MI)

SEBANYAK 27 rumah di Kecamatan Air Salek, Banyuasin, Sumatra Selatan, rusak akibat angin puting beliung. Tidak hanya rumah, persawahan milik warga juga rusak.

Rinciannya yakni ada 27 rumah warga rusak. Kerusakan terjadi di Desa Sidoarjo sebanyak 17 rumah. Kemudian di Desa Saleh Agung tiga rumah, di Desa Solok Batu lima rumah, Desa Saleh Mulya satu rumah, dan Desa Upang satu rumah.

Adapun lahan persawahan yang terdampak angin puting beliung sekitar 4 hektare.

"Kami sudah mendapatkan laporan dari BPBD setempat. Dari informasi, ada 27 rumah yang rusak. Tidak ada korban jiwa, namun ada satu korban yang mengalami luka ringan akibat tertimpa material bangunan rumah," ucap Ansori, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel di Palembang, Senin (16/1).

Ia menjelaskan, bencana serupa bisa terjadi lagi. Karenanya, masyarakat yang tinggal di lokasi kejadian diimbau untuk waspada.

Sebab, saat ini musim penghujan, tak hanya diwaspadai hujan yang lebat, namun angin kencang juga sering terjadi. Di Sumsel, hampir semua kabupaten dan kota berpotensi mengalami hal yang sama.

"Untuk yang tinggal di daerah yang terbuka harus hati-hati. Karena potensi angin puting beliung bisa terjadi di musim penghujan ini," ucapnya.


Baca juga: Korban Pencabulan Guru Rebana di Batang Menjadi 22 Anak


Pihaknya juga sejauh ini sudah memberikan bantuan berupa beras untuk 29 KK. Bantuan tersebut diberikan kepada semua warga yang terdampak bencana tersebut.

Sementara itu, Bupati Banyuasin Askolani juga sudah menyerahkan bantuan sembako dan peralatan sehari-hari untuk para korban. Pihaknya juga memberikan bantuan berupa upaya memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut.

Ia mengimbau kepada masyarakat guna mengantisipasi adanya bencana susulan agar terus waspada terhadap bencana alam.

"Pemkab Banyuasin dari BPBD dan Dinas Sosial telah berupaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Air Salek," jelasnya.

Askolani pun memberikan motivasi dan semangat kepada para korban bencana angin puting beliung tersebut supaya selalu bersabar dan istikamah dalam menjalani kehidupan.

Tak hanya itu, Askolani memerintahkan Camat Air Salek dan Kepala Desa tetap koordinasi dan bahu membahu membangun kembali rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, sedang, dan berat.

"Diharapkan bantuan yang saat ini sudah kami siapkan untuk masyarakat bisa bermanfaat dan meringankan beban para korban," pungkasnya. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat