visitaaponce.com

17 Wisatawan Terjebak di Pulau Angso Duo Pariaman Berhasil Dievakuasi

17 Wisatawan Terjebak di Pulau Angso Duo Pariaman Berhasil Dievakuasi
Satu unit helikopter TNI AL melintas di atas Pulau Angso Duo dalam rangka persiapan Hari Nusantara di Pantai Gandoriah.(ANTARA/Iggoy el Fitra)

SEJUMLAH wisatawan yang terjebak di Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatra Barat, berhasil dievakuasi ke daratan. Para wisatawan sebelumnya diinapkan di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk, hujan lebat, dan badai, yang terjadi pada Senin (23/1) siang hingga malam hari.

Salah seorang wisatawan asal Pekanbaru, Roni, sangat mengapresiasi langkah cepat yang diambil oleh Pemkot Pariaman ketika mereka terjebak di Pulau Angso Duo. Langkah tersebut mulai dari penginapan yang ada di pulau hingga akomodasi dan konsumsi yang diterima sampai akhirnya mereka selamat tiba di tepi.

"Kami merasa aman dan nyaman, dan mengucapkan terima kasih kepada semua petugas dan Pemerintah Kota Pariaman, yang telah melayani kami dengan baik, sehingga kami tidak merasa ketakutan, malah memberikan pengalaman bermalam di Pulau Angso Duo," tukasnya.

Dia mengatakan, mereka datang dari Pekanbaru dengan mengendarai kendaraan pribadi, dan petugas dari Pemkot Pariaman pun telah mengamankan kendaraan mereka yang diparkir di tepi dengan aman.

"Sebanyak 17 wisatawan dan 2 orang petugas yang diinapkan di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk kemaren, berhasil dievakuasi pada pagi hari ini, dan alhamdulillah, 17 wisatawan kesemuanya dalam keadaan sehat," ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Selasa (24/1).


Baca juga: Warga Cianjur Khawatirkan Gempa Susulan


Genius mengatakan dalam memberikan rasa aman kepada pengunjung adalah termasuk dalam bagian sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan) yang harus ada dalam destinasi wisata.

"Dengan terwujudnya rasa aman, maka terwujud juga kenangan, dan hal ini telah kita lakukan dalam menyikapi setiap ada wisatawan yang terjebak di Pulau Angso Duo, mulai dari konsumsi, seperti drop makanan, minuman dan obat-obatan, serta selimut kepada mereka, dan setelah sampai di tepi, kita juga memeriksa kesehatan mereka dan menyediakan sarapan pagi untuk mereka," ungkapnya.

Lebih lanjut Genius menceritakan bahwa kemarin dirinya mendapat laporan ada 17 wisatawan yang terdiri atas 8 warga Pekanbaru, dan 9  warga sekitaran Sumbar, Padang, dan Kabupaten Padang Pariaman, terjebak di Pulau Angso Duo karena cuaca buruk. Karena itu, pihaknya menginstruksikan agar wisatawan tersebut bermalam, dan juga telah melalui persetujuan dari para wisatawan tersebut.

"Pemkot Pariaman mengambil tindakan cepat, dengan memberikan layanan prima, mulai dari menyediakan cottage yang ada di pulau untuk menginap di sana, serta melengkapi keperluan mereka, dan juga stand by dua orang petugas untuk melayani mereka," tutupnya. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat