visitaaponce.com

Sejumlah Kecamatan Di Muara Enim Siaga Banjir Dan Tanah Longsor

Sejumlah Kecamatan Di Muara Enim Siaga Banjir Dan Tanah Longsor
Ilustrasi(Medcom)

TINGGINYA curah hujan akhir-akhir ini membuat Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumsel mengeluarkan status siaga bencana longsor dan banjir di sejumlah kecamatan. Terdapat enam kecamatan rawan bencana longsor berada di dataran tinggi yang ada di Muara Enim.

Kecamatan yang rawan terjadinya bencana tanah longsor adalah Semendo Raya (Semendo Darat Ulu, Semendo Darat Tengah dan Semendo Darat Laut), Kecamatan Panang Enim, Tanjung Agung dan Lawang Kidul. Sedangkan kecamatan yang rawan banjir yakni terdapat di wilayah dataran rendah khususnya daerah Gelumbang, Muara Belida, Belida Darat, Benakat, Belimbing, Gunung Megang dan Ujan Mas.

"Intensitas curah hujan tinggi rawan bencana meteorologi baik banjir, angin kencang dan longsor," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muara Enim, Abdur Rozieq.

Ia menjelaskan sebagai upaya menghadapi kondisi tingginya intensitas curah hujan, pihaknya telah bekerjasama dan berkoordinasi dengan semua dinas dan instansi terkait. "Kami telah menetapkan status siaga karena rawan bencana banjir dan longsor. Selain itu kita telah menetapkan posko bencana di sejumlah titik," terangnya.

Karena itu, jelas Abdur, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan menghindari dari pohan besar dan baleho apabila terjadi hujan deras dan angin kencang.

"Masyarakat agar tidak berteduh dibawah pohon yang besar dan tidak memarkirkan kendaraan dibawah pohon besar maupun baleho karena rentan roboh. Serta diimbau agar tidak membuang sampah sembarangan supaya tidak ada air yang tergenang," tandasnya. (Ol-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat