visitaaponce.com

BMKG Sebut NTT Aman dari Suhu Panas

BMKG Sebut NTT Aman dari Suhu Panas
Seorang laki-laki berdiri di areal tugu Mataram Metro dengan latar belakang Halo Matahari di Mataram, NTB, Selasa (19/7/2022).(ANTARA/AHMAD SUBAIDI)

NUSA Tenggara Timur (NTT) dinyatakan masih aman dari suhu panas ekstrem yang terjadi belakangan ini. Hal tersebut disampaikan Kepala BMKG Stasiun El Tari Kupang Agung  Sudiono Abadi, Selasa (25/4).

Suhu panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia sejak beberapa hari terakhir mencapai 35 derajat celcius. Pada 21-22 April, suhu di Kota Kupang tercatat 32,2 derajat celcius hingga 32,7 derajat celcius. "Alhamadulillah satu minggu terakhir NTT masih aman," kata Agung di Kupang.

Bahkan mulai 25-27 April, wilayah NTT berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Baca juga: Dinamika Atmosfer Penyebab Suhu Panas Indonesia

"Saat ini suhu muka laut di NTT masih cukup hangat, juga aktifnya Gelombang Equatorial Rossby dan labilitas lokal yang cukup kuat sehingga berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan (konvektif)," ujarnya.

Agung minta masyarakat mewaspadai potensi dampak angin kencang di wilayah NTT tersebut yang melanda Manggarai hingga Manggarai Barat, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Rote Ndao, Kupang, Kota Kupang, hingga Sabu Raijua.

Pada Selasa, suhu di Kupang tercatat 30-32 derajat celcius dan kecepatan angin maksimal mencapai 25 knot per jam. Pada malam dan dini hari, suhu udara antara 23-24 derajat celcius.

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dilakukan agar Tetap Sehat Menurut Kemenkes

Agung menamabhkan, pada dasarian III April, peluang curah hujan di wilayah NTT 21-50 milimeter dengan peluang lebih dari 60%, sedangkan peluang curah hujan lebih dari 100 milimeter antara 51-80% terjadi di Manggarai Barat, Manggarai, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat