visitaaponce.com

Razia Lapas Bentiring, Kanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu Temukan Senjata Tajam

Razia Lapas Bentiring, Kanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu Temukan Senjata Tajam
Tim gabungan kanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu merazia Lapas kelas 2A Bentiring. Dalam razia itu, ditermukan sejumlah alat yang dapat menggan(Metro TV/ Feri Jaya Saputra)

TIM gabungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumdan HAM) Bengkulu melakukan razia narkoba dan tes urine kepada ratusan narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan kelas 2A Bentiring, Kota Bengkulu. Sejumlah senjata tajam dan korek api berhasil diamankan dalam razia tersebut. 

Dalam razia itu, para petugas memeriksa kamar warga binaann satu per satu. Dalam pemeriksaan itu tim menyita beberapa barang yang dinilai dapat menganggu keamanan seperti kabel listrik, benda tajam, dan korek api. Semua barang itu akan dimustakan. 

Selain itu, petugas tim gabungan juga melakukan tes urine kepada ratusan narapidana, terutama di blok narkoba. Berdasarkan hasil tes, tidak ditemukan narapidana yang terindikasi mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.. 

Baca juga: Pemkab Muba Kucurkan Rp30 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak di Bandar Jaya

Yan Rusmanto, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Bengkulu mengatakan razia dilakukan sebagai bentuk pembersihan dan memastikan tidak ada peredaran narkoba di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Selain itu sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan di dalam lapas. 

"Kita menemukan barang-barang terlarang, baik itu narkoba dan ada beberapa barang yang kita amankan karena berpotensi mengangggu keamananan. Tadi kita lakukan tes urin kepada perwakilan seluruh kamar tidak ada yang terindikasi menggunakan atau positif," papar Yan.

Baca juga: Tabrakan Truk Tronton dengan Mobil Elf di Brebes, Lima Terluka

Razia, kata Yan, akan rutin dilakukan Kanwil Kemenkumham Bengkulu setiap bulannya. Diharapka kedepannya tidak ada lagi benda- benda terlarang masuk kedalam Lembaga Pemasyarakatan. (MGN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat