visitaaponce.com

Tiga Kasus TPPO Berhasil Diungkap Polres Ende

Tiga Kasus TPPO Berhasil Diungkap Polres Ende
Tiga kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur berhasil diungkap oleh Polres Ende(Freepik)

TIGA kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur berhasil diungkap oleh Polres Ende. Tiga kasus terungkap selama enam bulan terakhir tahun 2023.

Kasat Reskrim Polres Ende, Iptu Kadiaman, mengatakan, selama kurun waktu enam bulan terakhir ini kita dari Polres Ende berhasil mengungkap tiga kasus TPPO. Satu kasus TPPO sudah diputuskan oleh pengadilan Negeri Ende sehingga dua tersangka sudah divonis tujuh tahun dan lima tahun penjara.

"Dua pelaku yang sudah divonis Pengadilan Negeri Ende itu berperan sebagai perekrut. Yakni ST divonis tujuh tahun dan GN divonis lima tahun penjara,” papar dia, Minggu (11/6) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Polda Metro Jaya Ringkus 2 Wanita Sindikat TPPO

Sementara itu, kata dia, dua kasus TPPO masih dalam proses penyelidikan oleh penyidik Polres Kabupaten Ende. "Tersangkanya sudah kita tahan  di sel tahanan Mapolres Ende untuk kepentingan penyelidikan. Jadi kalau dihitung kita berhasil ungkap tiga kasus TPPO," tegasnya.

Diakhir dia menegaskan bahwa pihak Polres Ende melalui Satreskrim Polres Ende sudah berkomitmen untuk melawan dan mencegah kasus TPPO di Kabupaten Ende. 

Baca juga: Komnas HAM: Integrasi dengan Lembaga Pendidikan untuk Cegah TPPO

“Jadi kita harapkan kepada masyarakat apabila mengetahui ada perekrutan orang untuk segera melaporkan kepada kita demi pemberantasan perdagangan orang di Kabupaten Ende," papar Kadiaman.

Sekedar diketahui, sejak tahun 2018, ada 62 tenaga kerja warga Kabupaten Ende dilaporkan meninggal di luar negeri sehingga Ende sendiri menempati
posisi kedua tertinggi angka kematian TKI di NTT, setelah Kabupaten Malaka. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat