visitaaponce.com

Cegah Antraks, Tiga Jenis Ternak Dilarang Masuk Bali

Cegah Antraks, Tiga Jenis Ternak Dilarang Masuk Bali
Petugas membantu warga mempersiapkan sapi yang akan disuntik vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Manistutu, Jembrana, Bali.(ANTARA/NYOMAN HENDRA WIBOWO)

BALI sampai saat ini masih termasuk daerah yang terbebas dari penyakit antraks. Meski demikian, upaya pencegahan tetap dilakukan dengan semakin mempertegas larangan masuknya sejumlah jenis hewan ternak masuk ke Bali.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Nurul Hardiristiyantri mengatakan agar Bali terus terbebas dari penyakit antraks, pihaknya tegas melarang masuknya tiga jenis hewan ternak ke Bali. Ketiganya itu yakni sapi, kerbau, dan kambing.

“Kami tetap melarang masuknya tiga jenis hewan ternak seperti kambing, sapi dan kerbau ke Bali. Sebaliknya, Bali malah mengirim sapi ke sejumlah pulau seperti Jawa, Kalimantan dan Sulawesi,” ujar Nurul saat dihubungi pada Jumat (7/7).

Baca juga: 140 Ribu Lebih Sapi di Gunungkidul Rentan Antraks

Nurul menyebutkan untuk tahun ini kuota pengiriman sapi dari Bali ke sejumlah pulau mencapai 39 ribu ekor.

Baca juga: Antisipasi Antraks, Pempov Kalsel Perketat Lalu Lintas Ternak

“Jumlah ini menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 60 ribu ekor. Hal ini disebabkan dampak dari merebaknya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) sehingga kuotanya menurun. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat