visitaaponce.com

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unipa Tanam Ratusan Bibit Mangrove di Pantai Hia, Maumere

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unipa Tanam Ratusan Bibit Mangrove di Pantai Hia, Maumere
Sebanyak 100 bibit mangrove ditanam mahasiswa unipa di Pantai Hia usai melaksanakan KKN di Desa Lewomada.(MI/Fransiskus)

SEJUMLAH mahasiswa dari Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lewomada, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai Hia, Sabtu (22/7).

Sebanyak 100 bibit mangrove ditanam para mahasiswa itu. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari pemerintah desa setempat. Pantauan Media Indonesia, Kepala Desa Lewomada Dominikus Pondeng bersama selurut staf terlibat aktif dalam kegiatan penanaman bibit bakau tersebut.

Armon Soge perwakilan Mahasiswa KKN Unipa menjelaskan, program penanaman mangorove ini merupakan bentuk perhatian mahasiswa KKN Unipa terhadap lingkungan masyarakat di pesisir pantai Hia. "Penanaman bibit mangrove ini juga merupakan salah satu program kami Mahasiswa Unipa Maumere yang melaksanakan KKN di Desa Lewomada," ungkapnya.

Baca juga: Pj. Walikota Lhokseumawe Lepas Siswa Sukma Bangsa ke Amerika Serikat 

Armon berharap masyarakat sekitar dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga hutan mangrove dari kepunahan. Bila tidak, akan berdampak pada rusak lingkungan.

"Hutan Mangrove ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa, salah satunya adalah mencegah terjadinya abrasi. Selain itu keberadan pohon mangrove sangat penting utamanya dilingkungan biosfer, karena bisa mendukung perbaikan lingkungan akibat pemanasan global," jelas Armon.

Baca juga: BEM Fakultas Pertanian Unwar Sosialisasikan Produksi VCO Berbasis Zero Waste

Dominikus mengaku sangat terkesan dengan berbagai kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Mahasiswa Unipa, saat menjalakan tri darma perguruan tinggi di Desa Lewomada. Dominikus mengatakan program KKN akan selalu mendapat suport baik dari pemerintah desa, maupun masyarakat setempat.

"Masyarakat dan Pemerintah desa Lewomada sangat berterima kasih kepada pihak kampus Unipa yang sudah memberikan kepercayaan kepada desa Lewomada untuk menjadi salah satu lokasi KKN. Semoga sumbangsih dari adik-adik KKN melalui berbagai program kegiatan dapat bermanfaat untuk masyarakat desa Lewomada," harapnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat