visitaaponce.com

Belasan Desa di Kabupaten Ngawi Krisis Air Bersih

Belasan Desa di Kabupaten Ngawi Krisis Air Bersih
Ilustrasi - BPBD pun melakukan droping air bersih ke sejumlah desa di Kabupaten Ngawi.(MI/Akhmad Safuan)

BELASAN desa di beberapa Kecamatan Kabupaten Ngawi dilanda kekeringan. Krisis air bersih melanda belasan desa akibat kemarau panjang. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi dan BPBD Jawa Timur, melakukan droping air ke desa-desa tersebut.

Belasan desa yang mengalami kekeringan tersebar di 6 kecamatan. Di antaranya Kecamatan Bringin, Pitu, Kasreman, Ngawi, Mantingan, dan  Karanganyar. Lokasinya berada di utara wilayah Kabupaten Ngawi.

Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi, Partoyo dalam laporannya ke BPBD jatim menyampaikan, saat ini ada 13 desa yang mengalami kekeringan. BPBD Ngawi rutin mengirimkan air ke desa yang terdampak kekeringan.

Baca juga: Kekeringan, Kabupaten Batang Amankan Pertanian dan Ketersediaan Pangan

"BPBD Ngawi bisa 2-3 kali dalam satu minggu, droping air bersih di desa yang mengalami kekeringan, air bersih di drop ke penampungan dari terpal atau tandon. Setiap kirim 5.000 sampai 9.000 liter air bersih," ujar Partoyo.

BPBD Ngawi telah memetakan sejumlah desa yang mengalami kekeringan kritis. Salah satunya Dusun Mboan di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bringin. Dusun tersebut kerap dilanda kekeringan

Baca juga: 600 Hektare Lebih Tanaman Padi di Kalsel Rusak Akibat Kekeringan

Desa yang mengalami kekeringan, seperti warga di Dusun Ngilon, Desa Bangunrejo Lor, Kecamatan Pitu.  Warga hampir tiga bulan ini mengalami kekeringan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat