visitaaponce.com

11 Kecamatan di Pacitan Dilanda Kekeringan

11 Kecamatan di Pacitan Dilanda Kekeringan
Ilustrasi(Antara)

Bencana kekeringan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, semakin meluas. Semula, dilaporkan hanya enam kecamatan yang dilanda kekeringan. Kini, jumlahnya menjadi 11 kecamatan.

"Dari total 12 kecamatan yang ada di Pacitan, saat ini hanya satu kecamatan yang tidak terdampak bencana kekeringan," kata Kepala Seksi Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Radite Surya Anggono, di Pacitan, Jawa Timr, Kamis (15/9).

Adapun, 11 kecamatan yang terdampak itu adalah Kecamatan Pacitan, Donorojo, Punung, Arjosari, Bandar, Kebonagung, Nawangan, Sudimoro, Tegalombo, Ngadirojo, Pringkuku. Karena hal tersebut, sekarang, ada 31 desa dan 90 dusun telah mengajukan bantuan pasokan air bersih setiap hari.

Baca juga: Duh, Anggaran Bantuan Air Bersih BPBD Kota Semarang Habis

"Sampai saat ini hanya Kecamatan Tulakan yang belum melapor ada bagian wilayahnya yang mengalami kesulitan air bersih," imbuh Radite.

Mengacu data BPBD Pacitan, jumlah warga terdampak yang sebelumnya 7.412 jiwa atau 2.026 kepala keluarga (KK), kini menjadi 15.949 jiwa atau 7.277 KK.

Baca juga: Ogan Komering Ilir Makin Membara, Modifikasi Cuaca Diintensifkan

Radite menjelaskan bahwa BPBD Pacitan saat ini melakukan penanganan jangka pendek dengan menyalurkan air bersih kepada warga. Adapun, untuk jangka panjang, pihaknya bersama pemerintah daerah setempat akan menjalankan program pipanisasi.
 
Sebagaimana prediksi BMKG, Radite mengatakan kekeringan di Pacitan memang diperkirakan akan berlangsung lama. "Nanti sampai Oktober kita masih mengalami kekeringan. Itu prediksi BMKG," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat