visitaaponce.com

DPR Minta Polri Usut Dugaan Kekerasan di Kalteng

DPR Minta Polri Usut Dugaan Kekerasan di Kalteng
Taufik Basari meminta kepolisian mengusut dugaan korban tewas dalam penanganan aksi demonstrasi di kebun sawit, Kalimantan Tengah.(MI/Vicky)

ANGGOTA Komisi III DPR Taufik Basari meminta agar pihak kepolisian mengusut dugaan adanya korban tewas dalam penanganan aksi demonstrasi di kebun sawit Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berakhir ricuh. Dia menegaskan adanya korban tewas dalam unjuk rasa tersebut tidak boleh terjadi. Polri sudah seharusnya memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) saat mengamankan demonstrasi warga.

"Saya prihatin dan menyayangkan ada tiga warga yang dilaporkan terkena tembakan, bahkan salah satunya dikabarkan tewas," ujarnya, Senin (9/10)

Anggota Fraksi Partai NasDem ini pun meminta polri menelusuri penyebab aksi yang berakhir ricuh tersebut. "Ke depan memastikan setiap menangani unjuk rasa tidak boleh lagi ada yang membawa peluru tajam"

Baca juga: Buntut Bentrok Warga dan Aparat di Perkebunan Sawit Kapolda Kalteng Didesak Dicopot

Taufik juga mendesak agar jatuhnya korban dalam unjuk rasa tersebut diusut tuntas. Pihak kepolisian dalam menangani sengketa warga dengan perusahaan semestinya bertindak sebagai mediator bukan menjadi eksekutor berhadap-hadapan dengan warga.

"Usut tuntas dan transparan, harus dipastikan pelakunya ditangkap dan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," tegasnya.

Baca juga: Kemenlu: Fokus Indonesia Hentikan Kekerasan di Palestina

Selanjutnya Taufik meminta agar dilakukan pemulihan hubungan polri dengan warga setempat. Hal ini penting demi menjaga kondusifitas di sana. "Jangan sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Juga perlu dikaji akar masalahnya dan Polri membantu menyelesaikannya tanpa ada kekerasan" jelas Taufik.

Sebagai informasi, Demo warga berlangsung di area perusahaan PT Hamparan Mawasit Bangun Persada (HMBP) 1 di Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya pada, Sabtu (7/10). Kericuhan memanas usai massa aksi mencoba pindah untuk menduduki lahan di titik lokasi lain. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat