visitaaponce.com

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Sosialisasi Manfaat Program Jaminan Sosial di Desa Sidowayah

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Sosialisasi Manfaat Program Jaminan Sosial di Desa Sidowayah
BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi program jaminan sosial di Desa Sidowayah(MI/Djoko Sardjono)

KANTOR BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dan pembentukan ekosistem desa sadar jaminan sosial di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Rabu (8/11).

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten Heru Siswanto, dan Kepala Desa Sidowayah Mujahid Jaryanto, merupakan kerja sama Pemdes Sidowayah dan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten.

Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan berbagai program BPJS Ketenagakerjaan, dan manfaatnya sebagai peserta. Dengan sosialisasi ini diharapkan warga masyarakat Desa Sidowayah menjadi sadar akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca juga : 360 Atlet Pencak Silat PSHT Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Klaten

Kepala Desa Sidowayah Mujahid Jaryanto, mengungkapkan pemerintah desa hingga saat ini telah mendaftarkan perangkat desa sebanyak 10 orang, BPD 6 orang, Ketua RT 17 orang, dan Ketua RW 8 orang. Total 41 orang yang menjadi peserta.

“Nah, kita ke depan akan mendaftarkan lagi mereka yang selama ini menyumbangkan tenaga untuk desa. Seperti Linmas, Tim PKK, Kader Posyandu, LPMD, dan karyawan BUMDes, serta para tenaga freelance di tempat-tempat wisata,” jelasnya.

Tetapi, lanjut Mujahid, pihaknya akan melihat dulu kemampuan kas Desa Sidowayah. Karena, jumlah mereka banyak atau lebih dari 100 orang yang akan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan dan Kemen-PAN RB Kolaborasi Sosialiasikan Program Jamsostek

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Heru Siswanto, menyambut baik upaya Pemdes Sidowayah yang telah mendaftarkan perangkat desa, BPD, Ketua RT, dan Ketua RW menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami juga mengapresiasi kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan yang dihadiri para tokoh masyarakat Desa Sidowayah. Kegiatan ini diharapkan sebagai langkah awal bagi peningkatan kesejahteraan warga Desa Sidowayah,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, Sony Ahmad Wardhani, Account Refersentatif Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, menjelaskan seputar peran BPJS Ketenagakerjaan, program BPJS Ketenagakerjaan, dan manfaat yang diterima peserta.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Klaten Terus Perluas Program Jaminan Sosial Lewat Sosialisasi 

Dikatakannya, bahwa ada lima program BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaaan (JKP).

Dalam paparannya itu, Sony mengatakan untuk pekerja bukan penerima upah (BPU), seperti petani, pedagang, dan usaha mandiri disarankan untuk mengikuti dua program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakan Kerja dan Jaminan Kematian.

“Cukup dengan membayar iuran Rp16.800 per orang per bulan, maka peserta akan menerima banyak manfaat. Dengan ikut BPJS Ketenagakerjaan, kita bisa kerja keras, bebas cemas,” ungkapnya.

Sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa Sidowayah mendapat respon atau tanggapan positif dari warga. Termasuk Ketua BPD Joko Rochmadi yang mendukung kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat