visitaaponce.com

Guru Besar UGM Perubahan Iklim Turunkan Kualitas Ternak

Guru Besar UGM: Perubahan Iklim Turunkan Kualitas Ternak
Prof Sarmin, Guru Besar Bidang Fisiologi Fakultas Kedokteran Hewan UGM.(MI/Agus Utantoro)

PERUBAHAN iklim yang terjadi sekarang ini telah berdampak pada produksi ternak khususnya ruminansia kecil. Adaptasi terhadap perubahan lingkungan ini menyebabkan ternak mengalami penurunan kualitas dan kuantitas.

Hal itu terjadi karena munculnya stres nutrisional. Ternak yang mengalami stres nutrisional berisiko mempengaruhi pertumbuhan, metabolisme, produksi, performa reproduksi, kualitas dan kuantitas susu, imunitas alami ternak serta resiko 
terserang penyakit bahkan kematian ternak.

Hal itu disampaikan Prof Dr drh Sarmin MP dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Fisiologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, di Balai Senat UGM, Kamis (9/11).

Baca juga : Bisa Panen 6 Kali Setahun, Rumput Gama Umami Pakan Unggul dan Adaptif Iklim

Pada upacara pengukuhan, Prof Sarmin menyampaikan pidato yang berjudul Peran Fisiologi Hewan dalam Mitigasi Cekaman Perubahan Lingkungan sebagai upaya Menjaga Kelestarian dan Produksi Ternak.

Kajian fisiologi hewan yang dilakukannya meneliti struktur fungsional serta mekanisme interaksi hewan terhadap cekaman lingkungan berupa respon morfologi, perilaku, fisiologi, hematologi, kimia darah dan metabolisme dalam bertahan menghadapi perubahan lingkungan.

Oleh karena itu, ujarnya, kajian karakterisasi profil adaptif pada ternak dalam menghadapi perubahan lingkungan terutama cekaman panas dan nutrisi menjadi penting dilakukan untuk menentukan strategi manajemen produksi dan konservasi pelestarian ternak. 

Baca juga : Kimia Organik Kunci Hadapi Wabah Penyakit karena Perubahan Iklim

"Peran fisiologi hewan menjadi penting berkontribusi dalam melestarikan dan meningkatkan produktivitas ternak sesuai kaidah animal welfare. Strategi adaptasi dan mitigasi yang tepat berdasarkan penelitian fisiologi hewan terbaru berpotensi memberi solusi untuk mempertahankan produksi ruminansia kecil terhadap perubahan iklim dan cekaman yang mengikutinya," paparnya.

Dikatakan, data-data marker biologi pola adaptasi ternak terhadap setiap cekaman bermanfaat dalam menentukan pemilihan dan menghasilkan bibit ternak lokal asli Indonesia dan pengembangan ras agar adaptif terhadap intensitas cekaman sesuai kondisi alam dan iklim Indonesia.

Domba dan kambing lebih adaptif terhadap cuaca panas

Berdasarkan hasil penelitian, ujarnya, domba dan kambing umumnya lebih adaptif terhadap cekaman panas dibandingkan ruminansia lainnya, karena memiliki kemampuan konservasi air lebih tinggi, berkeringat dan mampu mengatur pernapasan serta menurunkan produksi panas basal. 

Baca juga : Keresahan Kampus Berpotensi Kikis Kepercayaan Publik terhadap Jokowi

Namun begitu, dibanding domba, kambing ternyata dianggap lebih toleran terhadap cekaman panas karena memiliki kemampuan sweating yang lebih tinggi, rasio yang rendah antara bobot badan dengan permukaan tubuh sehingga memungkinkan pembuangan panas yang lebih besar.

"Ruminansia kecil ini menunjukkan berbagai respons adaptif untuk mengatasi dampak cekaman  panas di wilayah tropis," jelasnya.

Berbagai respons adaptif ruminansia kecil terhadap cekaman panas dapat ditandai dengan menurunnya nafsu makan serta frekuensi dan waktu memamah biak. 

Baca juga : Guru Besar UGM Koentjoro Khawatir Sikap Jokowi Bisa Timbulkan Kekacauan Negara

Ciri-ciri morfologi ternak tersebut sangat penting sebagai bagian adaptasi karena langsung mempengaruhi mekanisme pertukaran panas antara ternak dengan lingkungan sekitarnya.

Sarmin mengatakan hewan ruminansia kecil seperti kambing merupakan hewan ternak ternak yang didomestikasi pertama kali oleh manusia lebih dari 10.000 tahun lalu, dianggap sebagai ternak paling ideal dalam menghadapi berbagai cekaman lingkungan.

Kambing, jelasnya juga tahan terhadap temperatur dan kekeringan yang tinggi. Berbagai kelebihan kambing tersebut, diperkirakan penduduk dunia di masa mendatang akan menjadikan hewan ternak ini sebagai sumber ketahanan pangan yang ekonomis dan adaptif terhadap setiap perubahan iklim. 

Menurut laporan badan pangan dunia FAO tahun 2018, diperkirakan ketika populasi ternak lain mengalami penurunan, maka populasi kambing justru meningkat melebihi domba. Bahkan di Indonesia sendiri, berdasarkan data statistik 2023, populasi terbesar ternak produktif di Indonesia adalah kambing yakni 19, 398 juta ekor dibanding sapi dengan jumlah 18,6 juta ekor. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat