visitaaponce.com

Rutan Medan Pindahkan Puluhan Napi ke Lapas Pemuda Langkat

Rutan Medan Pindahkan Puluhan Napi ke Lapas Pemuda Langkat
Sekitar 30 warga binaan Rutan Kelas I Medan dipindahkan ke Lapas kelas II Pemuda karena masalah kapasitas.(Dok. Kanwil Kemenkum dan HAM Sumatra Utara)

RUTAN Kelas I Medan memindahkan sekitar 30 warga binaannya ke Lapas Kelas II Pemuda di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Pemindahan itu dilakukan dengan alasan kapasitas.

"Pemindahan warga binaan ini telah sesuai petunjuk Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut," ungkap Maju Amintas Siburian, Senin (13/11).

Dia menjelaskan, pihaknya kini sedang berupaya mengurangi kelebihan kapasitas rutan. Salah satu upayanya adalah dengan memindahkan warga binaan ke lapas atau rutan lain. "Proses pemindahan tersebut menggunakan satu unit bus Transpas dengan pengawalan ketat," imbuhnya.

Baca juga: Gunakan Teknologi Citra Satelit, Polda Sumut Temukan 150 Ha Ladang Ganja

Saat ini Rutan Kelas I Medan dihuni sebanyak 3.273 orang warga binaan. Sedang rutan yang berada di kawasan jalan Lembaga Pemasyarakatan, Kecamata Sunggal, Deliserdang, Sumut, itu hanya berkapasitas maksimum 1.250 orang.

Dengan demikian, rutan tersebut kini sudah kelebihan kapasitas hingga 261%. Selain mengurangi kelebihan kapasitas, lanjut dia, pemindahan ini juga mendukung program rehabilitasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut. Program tersebut sedang dilaksanakan Lapas Pemuda Langkat.

Baca juga: Legislator NasDem Siap Kawal Program Anies Bangun Stadion di Sumut

Melalui program itu para warga binaan yang dipindahkan akan menjalani "residen rehabilitasi".  Dengan menjalani program  tersebut mereka diharapkan dapat menjadi pribadi yang adaptif. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat