visitaaponce.com

Biaya Transaksi Penyelundupan Pengungsi Rohingya ke Aceh Capai Rp3,3 Miliar

Biaya Transaksi Penyelundupan Pengungsi Rohingya ke Aceh Capai Rp3,3 Miliar
Angen penyelundup pengungsi Rohingya peroleh transaksi sebesar Rp3,3 miliar(Medcom/Fajri Fatmawati)

PRIA berkebangsaan Bangladesh, HM,70, yang diduga sebagai agen penyelundup pengungsi Rohingya ke Aceh berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian. Dalam pengungkapan kasus ini, ternyata biaya yang dibayarkan oleh dua rombongan pengungsi Rohingya kepada agen mencapai jumlah fantastis, yakni sekitar Rp3,3 miliar.

Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, mengatakan setiap penumpang di kapal yang diketahui anak-anak dikenai biaya sebesar 50 ribu taka atau sekitar Rp7 juta, sementara untuk dewasa sebesar 100 ribu taka atau sekitar Rp 14 juta.

"Dengan menghitung kurs Indonesia, agen berhasil memperoleh jumlah uang sebesar Rp 3,3 miliar dari kegiatan penyelundupan tersebut," kata Imam, Kamis (7/12).

Baca juga: Agen Penyelundupan Warga Rohingya Ditangkap

Pihaknya menerangkan, masih terus mendalami kasus ini dan sedang melakukan penyelidikan terhadap pihak lain yang mungkin terlibat.

"Kami juga akan melakukan pendataan terhadap jaringan internasional yang terlibat dalam penyelundupan manusia etnis Rohingya yang keluar dari Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Pengungsi Rohingya sudah 1.478 Orang, Pemerintah Cari Solusi

Sebelumnya, HM ditangkap karena memfasilitasi perjalanan dua kapal yang membawa 194 dan 147 orang pengungsi yang terdampar pada tanggal 14-15 November 2023.

Kemudian, pada tengah malam tanggal 14 November, sebelum terdampar di pesisir pantai Desa Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga, Kapten Z dan HM pindah ke kapal yang dikomandoi oleh S. Setelah terdampar, ketiganya bersama tiga agen lainnya melarikan diri ke arah hutan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat