visitaaponce.com

Palu Konfirmasi Dua Kasus Covid-19, Remaja dan Balita

 Palu Konfirmasi Dua Kasus Covid-19, Remaja dan Balita
Virus korona penyebab covid-19(CDC)

PEMERINTAH Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengimbau warga tetap waspada dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan menyusul dua kasus positif covid-19 ditemukan di kota itu. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palu, Rochmat Jasin Moenawar mengatakan, virus yang kembali merebak di sejumlah wilayah Indonesia terindikasisebagai varian baru yang berasal dari mutasi omicron menjadi Xbb.  

"Namun covid-19 varian Xbb itu gejalanya tidak fatal seperti varian sebelumnya," terangnya di Palu, Kamis (21/12). 

Baca juga : Warga Palu Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Antisipasi DBD

Menurut Rochmat, meski dinilai tidak fatal dan varian Xbb seperti flu biasa, namun bisa berakibat fatal jika terjangkit kepada orang yang rentan seperti lanjut usia.  

"Lansia sangat rentan dengan virus ini," tegasnya.  

Rochmat menegaskan, status pandemi memang sudah dicabut oleh pemerintah sehingga kini statusnya adalah endemi.   Meski pun demikian, masyarakat Palu harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.  

Baca juga : Kasus Covid-19 Naik, Kemenkes: Masih Level Aman

Selain itu, warga yang belum divaksin juga diminta agar segera melakukan vaksin. "Saat ini vaksin dan obat-obatan covid-19 sedang dipersiapkan. Termasuk rumah sakit dan nakesnya sudah ada. Kita berharap virus ini tidak membludak di Palu," tandasnya.  

Sebelumnya, dua warga Palu dilaporkan positif covid-19 setelah bergejala sesak nafas dan demam tinggi. Mereka adalah remaja 15 tahun dan balita 11 bulan.  

Saat ini keduanya sudah menjalani perawatan jalan setelah sebelumnya empat hari menerima perawatan intensif di ruang isolasi RSU Anutapura Palu. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat