visitaaponce.com

Forum Dosen Unri Keluarkan Maklumat Menjaga Marwah Demokrasi Indonesia

Forum Dosen Unri Keluarkan Maklumat Menjaga Marwah Demokrasi Indonesia
Aksi pernyataan maklumat untuk marwah demokrasi Indonesia di Taman Danau Kampus Unri Panam, Senin (5/2).(DOK FORUM DOSEN UNIVERSITAS RIAU PEDULI DEMOKRASI)

CIVITAS akademika yang tergabung dalam Forum Dosen Universitas Riau (Unri) Peduli Demokrasi menggelar aksi pernyataan maklumat untuk marwah demokrasi Indonesia di Taman Danau Kampus Unri Panam, Senin (5/2).

Ketua Presidium Forum Dosen Unri Peduli Demokrasi Dr Junaidi mengatakan kondisi demokrasi dan Pemilu di Indonesia saat ini dinilai belum sesuai dengan etika, moral, dan keadilan. Bahkan belum sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Kami Forum Dosen Unri Peduli Demokrasi menyampaikan maklumat untuk nenjaga marwah demokrasi Indonesia," kata Dr Junaidi, Senin (5/2).

Baca juga : Alumni dan Civitas Akademika UIN Syarif Hidayatullah Kritik Pemerintah Soal Sikap Demokrasi yang Beradab dan Beretika

Adapun Maklumat Forum Dosen Universitas Riau Peduli Demokrasi, yaitu meminta kepada Presiden dan semua pejabat pemerintah untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai etika dan moral dalam memimpin kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjadi panutan dan tauladan rakyat.

Lalu, meminta pemerintah beserta aparatur negara untuk selalu taat pada ketentuan hukum dan berlaku adil dalam penyelenggaraan pemilu. Sehingga mampu mewujudkan Pemilu berintegritas yang hasilnya dipercaya rakyat.

Meminta komitmen Presiden untuk mewujudkan Pemilu yang berasaskan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil, sehingga mampu mewujudkan demokrasi yang bermarwah.

Baca juga : Guru Besar dan Dosen Unhas Minta Presiden Jokowi Berada di Koridor Demokrasi yang Benar

Meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk berani menindak segala bentuk pelanggaran Pemilu agar terwujudnya Pemilu yang berintegritas.

Menyatakan Civitas Akademika Universitas Riau akan selalu berperan aktif menjaga Marwah Demokrasi Indonesia. (Z-6)

Baca juga : Polres, KPU, dan Bawaslu Siak Perkuat Sinergi Ciptakan Pemilu Damai

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat