visitaaponce.com

27 Ribu Warga Demak Ikut Pemilu Susulan Akibat Banjir

27 Ribu Warga Demak Ikut Pemilu Susulan Akibat Banjir
Banjir Demak(Akrom HAZAMI / AFP)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) memutuskan 27 ribu warga yang terdampak banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, akan melakukan pemungutan suara susulan. Kepastian itu disampaikan anggota KPU RI Idham Holik di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (13/2) atau satu hari jelang pemungutan suara pada Rabu (14/2).

"Akan diadakan pemungutan suara susulan," katanya.

Berdasarkan data yang disampaikan Idham, total pemilih yang bakal melakukan pemungutan suara susulan mencapai 27.669 orang. Mereka tersebar di 10 kelurahan/desa di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Baca juga : Banjir Demak, Petugas TPS Pemilu 2024 Jadi Relawan

Menurut Idham, nantinya KPU Kabupaten Demak bakal menentukan waktu pemungutan dan penghitungan suara susulan bagi puluhan ribu warga itu yang tersebar di 114 tempat pemungutan suara (TPS).

"Dan saat ini juga KPU Kabupaten Demak beserta KPU Provinsi Jawa Tengah terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah agar banjirnya lekas surut," tandas Idham.

Melalui Keputusan KPU Kabupaten Demak Nomor 782/2024 tentang Penundaan Pelaksanaan Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, disebutkan bahwa 8 kelurahan/desa terdampak langsung atau terendam total.

Baca juga : 108 TPS Tunda Pemilu Akibat Banjir Demak

Rata-rata pemilih dan petugas KPPS menjadi korban dan mengungsi, sedangkan lokasi pengungsian tersebar di banyak titik sehingga tidak memungkinkan dilakukan relokasi.

8 kelurahan/desa itu adalah Wonoketingal, Cankringrembang, Cangkring, Undaan Kidul, Undaan Lor, Ngemplak Wetan, Wonorejo, dan Karanganyar.

Adapun empat TPS di Desa Ketanjung disebut masih terendam dengan ketinggian air 3 meter, sehingga petugas KPPS maupun pemilih tidak diketahui keberadaan tempat pengungsinya.

Baca juga : KPU Demak Pindahkan 106 TPS Karena Banjir

Sementara itu, berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Demak Nomor 783/2024, 6 TPS di Desa Jatirejo juga disebutkan terdampak langsung atau terendam total.

Rata-rata petugas KPPS dan pemilih juga menjadi korban dan mengungsi, sedangkan lokasi pengungsian tersebar di banyak titik sehingga tidak memungkinkan untuk direlokasi. (Tri/Z-7)

 

Baca juga : KPU Godok Pemilu Susulan di Demak dan Paniai

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat