visitaaponce.com

UMP Gelar Pasar Murah Beras, Ludes dalam Tempo 15 Menit

UMP Gelar Pasar Murah Beras, Ludes dalam Tempo 15 Menit
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggelar pasar murah beras.(MI/LILIK DARMAWAN)

UNIVERSITAS Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggelar pasar murah beras. Pelaksanaannya berbarengan dengan Pasar Malam UMP, yang digelar pada Jumat (23/2) malam. Hanya dalam waktu 15 menit saja, beras murah yang ditawarkan ludes terjual habis.

Pada gelaran pasar murah tersebut, warga hanya menebus dengan Rp5 ribu untuk beras seberat 2 kilogram (kg). 

"Sangat murah, karena di pasaran saat  sekarang mencapai Rp16 ribu per kg bahkan ada yang Rp17 ribu per kg," kata Warti, warga Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran.

Baca juga : Setelah Beras dan Cabai, Giliran Harga Telur yang Melonjak

Meski demikian, Warti hanya boleh menebus satu paket seberat 2 kg saja, agar semakin banyak yang memperoleh beras murah. 

"Mudah-mudahan saja,  gelaran pasar murah seperti ini dilanjutkan kembali," ungkapnya.

Sementara Kastini, 34, warga Kembaran juga ikut menyerbu beras murah. Karena, selain dengan uang cash, mereka bisa membeli secara cashless. 

Baca juga : Pemkot Bandung Geser Operasi Pasar Beras SPHP ke Kelurahan, Cek Lokasinya di Sini

"Saya tadi pakai QRIS, karena disarankan dengan cashless. Terima kasih, karena ada beras murah yang dijual di sini," katanya.

Sementara itu, Rektor UMP Jebul Suroso mengatakan penjualan beras murah itu sebagai bagian dari kepedulian UMP kepada masyarakat luas. 

"Kami  memandang harga beras sedang tinggi sebenarnya ini berkah bagi petani.  Tetapi kami merespons sedikit dari kami bagikan melalui penjualan beras murah. Kita juga mengedukasi masyarakat supaya membeli dengan mode cashless, bekerja sama dengan BI dan BRI," ujarnya.

Baca juga : Kabupaten Sukabumi Gelar Operasi Pasar Murah Beras

Selain beras, UMP juga akan menjual minyak goreng murah. Rencananya penjualan minya goreng murah akan digelar pada Sabtu (24/2). 

"Mudah-mudahan ini ikhtiar kita membantu  masyarakat yang sedang berat membeli kebutuhan pokok," kata Jebul.

Dia mengatakan penjualan beras murah merupakan salah satu bagian kegiatan besar Pasar Malam UMP yang bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berlangsung hingga Minggu (25/2).

Pasar Malam UMP merupakan upaya dari kampus untuk memfasilitasi pelaku UMKM yang ada di Banyumas. Ada 120 UMKM yang ikut serta dalam Pasar  Malam UMP. 

"Mahasiswa pada senang juga. Ada 13 ribuan yang masuk dengan  tiket. Ada juga mahasiswa yang ikut jualan," pungkas Jebul. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat