visitaaponce.com

Pohon Tumbang di Empat Titik Wilayah Lembang, Aktivitas Warga Sempat Terhambat

Pohon Tumbang di Empat Titik Wilayah Lembang, Aktivitas Warga Sempat Terhambat
Pohon Tumbang di Jalan Tangkuban Parahu, Bandung Barat(MI/Depi Gunawan)

POHON tumbang terjadi di empat titik di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (25/2). Serangkaian kejadian tersebut menyebabkan aktivitas masyarakat jadi terhambat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian pertama pohon tumbang di Kampung Gandok, Desa Suntenjaya sekitar jam 15.30 WIB kemudian dua titik di Desa Cibodas dan terakhir di Jalan Raya Tangkuban Parahu pada pukul 19.00 WIB.

Tidak ada korban dalam sejumlah peristiwa tersebut, hanya saja kendaraan sementara tidak bisa lewat karena terhalang pohon yang tumbang.

Baca juga : Perhutani Janji Tanggung Biaya Korban Pohon Tumbang di Lembang

Di Jalan Raya Tangkuban Parahu, penutupan sementara akses jalan dari arah Lembang menuju Subang maupun sebaliknya memaksa polisi harus mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif Kampung Pangragajian Desa Kayuambon selama beberapa saat.

"Tadi jam 19.15 WIB, saya menerima laporan dari relawan bahwasanya ada pohon yang akan tumbang sehingga kami menutup akses jalan dari kedua arah," ucap Kapolsek Lembang Komisaris Hadi Mulyana di Jalan Tangkuban Parahu.

Pohon yang menghalangi badan jalan berhasil dievakuasi setengah jamnkemudian oleh petugas, para relawan dibantu kepolisian. 

Baca juga : Pengendara Sepeda Motor Tewas Tertimpa Pohon di Lembang

"Sekarang arusnkendaraan sudah kembali normal seperti biasa," ujarnya.

Seorang saksi sekaligus relawan kebencanaan, Asep Koswara mengaku,nsebelumnya ia mendengar tanda-tanda pohon bakal tumbang karena posisinya telah miring ke arah jalan.

"Sesudah terdengar suara kretek-kretek, karena dikhawatirkan terjadi pohon tumbang dan menimpa warga yang lewat, saya insiatif bikin laporan polisi dan menutup akses jalan," ungkap Asep.

Sebelum kejadian itu, Asep melanjutkan, lalu lintas di Jalan Raya Tangkuban Parahu cukup padat sehingga kemacetan dari kedua arah pun tak terelakan.

"Sebelum terjadi hal yang tak diharapkan, saya inisiatif menghentikan kendaraan yang lewat. Alhamdulillah, ketika pohon itu tumbang tidak ada warga yang menjadi korban karena jalan sudah ditutup," jelasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat