visitaaponce.com

Kapolda Banten Situasi Lalu Lintas di Pelabuhan Ciwandan Berangsur Normal

Kapolda Banten: Situasi Lalu Lintas di Pelabuhan Ciwandan Berangsur Normal
Kapolda Banten Irjen Abdul Karim didampingi Wakapolda Banten Brigjen Sabilul Alif melepas 300 pemudik sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan.(Dok. Polda Banten)

KEPALA Kepolisian Baerah Banten Irjen Abdul Karim menyatakan situasi arus lalu lintas di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, sudah berangsur normal.

Menurut dia, tidak ada antrean kendaraan di pelabuhan yang difungsikan untuk mengangkut pemudik sepeda motor. "Saya sudah mengecek di Pelabuhan Ciwandan. Tidak ada antrean kendaraan, masih terkontrol," katanya.

Dia mengungkapkan durasi masa tunggu di buffer zone untuk mengangkut penumpang sekitar 30 menit. Pemudik tidak membutuhkan waktu lama untuk naik ke atas kapal feri. "Paling lama 30 menit menunggu kumpul semua. Durasi tidak lama."

Baca juga : Mudik Lebih Awal, Jumlah Penumpang dari Pelabuhan Merak Naik 15%

Pada kesempatan itu, Kapolda Banten didampingi Wakapolda Banten Brigjen Sabilul Alif juga melepas 300 pemudik sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Senin (8/4) malam. Irjen Abdul berada di barisan depan para pemudik sepeda motor.

Dia berbincang-bincang dengan para pemudik sembari mengimbau supaya berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas. "Hati-hati berkendara. Saya doakan semoga selamat sampai tujuan," kata dia.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Leganek Mawardi juga terlihat ikut melepas ratusan pemudik dengan sepeda motor menuju kampung halamannya di Ciwandan.

Baca juga : Lebaran, Pelindo Buka Pelabuhan Ciwandan untuk Pemudik Motor Jawa-Sumatra

Sebelumnya, terjadi kecametan panjang di jalur menuju Pelabuhan Ciwandan. Hal itu disebabkan truk dan sepeda motor yang hendak menyeberang ke Sumatra tidak lagi dilayani di Pelabuhan Merak. Pada arus mudik tahun ini, Pelabuhan Ciwandan kembali difungsikan untuk mengangkut truk dan pemudik menggunakan sepeda motor.

Indanarto, salah satu pemudik tujuan Kotabumi, Provinsi Lampung, mengapresiasi kinerja Polri, Kementerian Perhubungan, dan Jasa Marga atas upaya menjamin keamanan dan keselamatan pemudik. "Kali ini mudik benar-benar perjalanan lancar," kata dia.

Dia berangkat dari Jakarta sekitar pukul 14.30 WIB, Senin (8/4) dan tiba di Pelabuhan Merak, Banten, pukul 18.00. Waktu yang ditempuh cukup singkat. "Seperti tidak mudik. Kalau jalan hari biasa malah banyak tersendat."

Sementara itu, Maman, sopir truk pengangkut bahan pokok tujuan Pagar Alam, Sumatera Selatan, mengaku sudah memprediksi kemacetan berkurang pada H-2 Lebaran, Senin (8/4). Upaya menyiasati jadwal keberangkatan bermanfaat agar dapat mengantarkan barang tepat sampai di tujuan.

"Saya membaca berita terjadi puncak kemacetan di Merak pada Sabtu (6/4) kemarin, sehingga saya diminta mengantarkan barang Senin ini," tandasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat