visitaaponce.com

Korban Longsor Cibenda Cipongkor Berlebaran di Pengungsian

Korban Longsor Cibenda Cipongkor Berlebaran di Pengungsian
Korban longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda,(MI/Depi Gunawan)

SEKITAR 192 orang korban longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat akan merayakan hari Lebaran di posko pengungsian GOR desa setempat.

Kepala Desa Cibenda, Abdulrohman mengatakan, saat ini ada sebanyak 96 kepala keluarga (KK) masih berada di tempat pengungsian karena rumah yang ditempati rusak dan rawan terdampak longsor susulan.

"Masih ada pengungsi sebanyak 96 KK atau sekitar 192 jiwa. Rencananya, mereka bakal gelar takbiran sekaligus Idul Fitri di posko pengungsian," katanya saat dihubungi, Selasa (9/4).

Baca juga : Teror Puting Beliung di Bandung Barat Berlanjut, Satu Rumah Rusak Berat

Sebagian warga lainnya yang sempat mengungsi, terang dia, telah diperbolehkan kembali ke rumahnya dengan mengacu pada peta zona rawan longsor dari Badan Geologi.

Meski begitu, warga yang telah kembali dari pengungsi harus meningkatkan kesiapsiagaan dan melakukan warnings system secara mandiri dengan mengenal tanda-tanda potensi terjadi longsor.

Camat Cipongkor, Rega menjelaskan, jumlah warga yang telah diperbolehkan kembali ke rumahnya mencapai 200 orang.

Baca juga : Dishub Bandung Barat Adakan Pengecekan Kendaraan Gratis

"Tapi mereka harus meningkatkan kewaspadaan karena masih rawan longsor. Salah satunya kalau hujan deras dengan waktu lama mereka harus segera keluar dan mengungsi lagi," ujarnya.

Menurut Rega, Pemkab Bandung Barat saat ini masih mencari lahan baru untuk relokasi rumah terdampak bencana longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda. Lahan tersebut bakal ditinjau kelaikan oleh BNPB dan Badan Geologi.

"Titik lahan untuk relokasi sudah ada. Lahan desa lereng lahan adat. Tapi kita masih tunggu kajian Badan Geologi dan BNPB. Termasuk kelengkapan administrasi status lahannya," ungkap Rega.

Diketahui, peristiwa longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda mengakibatkan 8 orang meninggal dan 2 orang masih hilang, 4 orang luka berat, 33 orang luka ringan, 436 jiwa mengungsi, 30 rumah rusak, 2 masjid dan 2 madrasah rusak. (DG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat