visitaaponce.com

Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 Resmi Dimulai

Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 Resmi Dimulai
Pembukaan Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 di Jakarta, Jumat (5/5).(DOK IST)

AJANG Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 resmi dimulai di Ballroom Hotel Century Senayan, Jakarta, Jumat (5/5). Turnamen tersebut dibuka oleh Staf Khusus Kemenpora Dwijayanto bersama Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto.

Babak pertama dimulai pada Sabtu (6/5) dan akan belangsung sampai sembilan babak hingga berakhir sampai Jumat (13/5). 

Indonesia selaku penyelenggara diperkuat WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Wardah Aulia. Tuan rumah berharap bisa merebut satu tiket untuk lolos ke Kejuaraan Dunia 2023 yang akan dilangsungkan di Azerbaijan.

Baca juga: 9 Negara Berebut Tiket Masuk Kejuaraan Dunia

Dalam pembukaan, Dwijayanto  menuturkan catur adalah cabang olahraga yang digemari masyarakat Indonesia selain sepak bola. Dia memuji konsistensi Percasi dan juga Utut yang tidak pernah berhenti memajukan catur Indonesia.

"Sama seperti Pak Utut, saya berharap ada wakil Indonesia dapat lolos ke Kejuaraan Dunia,” tutur Dwijayanto.

Sementara Utut mengatakan pertarungan di Asia Zone 3.3 Chess Championships kali ini akan berat. Selain memperebutkan tiket masuk Kejuaraan Dunia, Asia Zone 3.3 Chess Championships juga menyediakan total hadiah US$15 ribu. "Saya berharap ada yang lolos ke Kejuaran Dunia," kata Utut yang juga Presiden Zone 3.3 Asia.

Dari daftar peserta, Mongolia dan Vietnam tampil dengan kekuatan penuh Lalu, Filipina menyertakan dua Grand Master, sama seperti tuan rumah Indonesia yang juga menurunkan dua GM di bagian putra, yakni Susanto
Megaranto dan Novendra Priasmoro.

Baca juga: Percasi Harap Catur di SEA Games Terus Dikawal

Irene yang tampil di nomor putri mengatakan peserta yang akan dia hadapi cukup kuat. Secara umum, kekuatan juga merata. 

"Ada pecatur Mongolia, Vietnam yang kuat tradisi catur putrinya dan peraih medali emas SEA Games asal Singapura,” kata Irene yang tahun lalu mampu merebut satu tiket Kejuaraan Dunia bersama Susanto. “Tapi saya akan mencoba tampil sebaik mungkin dan mohon doa restu pecinta catur di Tanah Air agar saya bisa tampil sebagai juara,” kata Irene. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat