visitaaponce.com

PBB Tiga Kali Gagal Tembus Senayan, Targetkan 30 Kursi di Pemilu 2024

PBB Tiga Kali Gagal Tembus Senayan, Targetkan 30 Kursi di Pemilu 2024
PBB DAFTARKAN BACALEG DPR KE KPU RI, JAKARTA, SABTU (13/5).(MI/Adam Dwi)

SETELAH gagal melampaui parliamentary threshold atau ambang batas parlemen dalam tiga edisi pemilihan legislatif terakhir, Partai Bulan Bintang (PBB) bertekad menempatkan kadernya di Senayan pada Pemilu 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor mengatakan, pihaknya memasang target sampai 30 kursi di DPR RI.

"Untuk target kursi sekitar 25-30 kursi, yang penting kami punya target 4%, lolos, dalam PT (parliamentary threshold) ini. Itu harapan kita," kata Afriansyah di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5).

Baca juga : Caleg Didominasi Muka Lama, Formappi: Parpol Hanya Pentingkan Kursi, tak Peduli Kinerja di Parlemen

Untuk mencapai target itu, ia mengungkap telah ditugaskan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra untuk membenahi infrastruktur partai sampai tingkat ranting. Saat hari H pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang, Afriansyah juga mengatakan PBB bakal menyiapkan saksi di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Mungkin pekerjaan keras, tapi memang harus kita lakukan karena ini untuk pencapaian bahwa kita harus lolos PT 4%," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yusril menyebut pihaknya ingin kembali ke DPR RI. Oleh karenanya, PBB melakukan diskusi dengan partai politik lain untuk mendorong agar Pemilu 2024 berjalan secara adil dan setiap partai politik dapat saling membantu.

Baca juga : Caleg Pemilu 2024, Ini Yang Harus Diperhatikan Partai Politik

Di tengah maraknya pesohor yang direkrut partai politik untuk menjadi bakal calon anggota legislatif atau bacaleg, PBB, kata Yusril, lebih mengutamakan kader partai. Pendirian itu yang melatarbelakangi keputusan PBB untuk mendukung sistem proporsional tertutup, alih-alih terbuka. Menurut Yusril, bacaleg yang didaftarkan dengan sistem proporsional tertutup merupakan kader yang telah didik partai.

"Enggak terlalu fokus ke sana (caleg artis). Kita lebih fokus kepada kader-kader partai. Maka itu PBB mendukung sistem proporsional tertutup," pungkasnya.

PBB menjadi partai politik peserta Pemilu 2024 kesembilan yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI. Seperti partai lainnya, PBB mengajukan 580 nama bacaleg DPR RI di 84 dapil. Adapun kuota minimal keterwakilan perempuan dalam daftar bacaleg yang diajukan mencapai hampir 40%. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat