visitaaponce.com

Pensiunan Jenderal Hingga Aktivis Didaftarkan PKN Jadi Bacaleg

Pensiunan Jenderal Hingga Aktivis Didaftarkan PKN Jadi Bacaleg
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.(Dok.MI)

PARTAI Kebangkitan Nusantara (PKN) mendaftarkan 580 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI dari 84 daerah pemilihan (dapil), Minggu (14/5).

Wakil Ketua Umum PKN, Gerry Hukubun, menegaskan tiada hal yang mustahil, termasuk untuk berkontestasi di Pemilu 2024 sekalipun mereka merupakan partai politik termuda.

"Kami percaya semakin hari kami semakin bertumbuh dan berkembang," kata Gerry, di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (14/5).

Baca juga: Partai Gelora Daftarkan 481 Bacaleg ke KPU

Gerry menuturkan bacaleg PKN berasal dari berbagai latar belakang, yakni kalangan pensiunan jenderal, aktivis, hingga pengusaha.

“Dan kebanyakan dari mereka percaya dan yakin PKN dapat mencapai parliamentary threshold 2024 dan menduduki Senayan," terangnya.

Baca juga: Bacaleg Muka Lama, NasDem Sebut Penuhi Kuota Perempuan

Gerry mengemukakan kepengurusan ini tersebar di seluruh provinsi, termasuk di 4 provinsi baru. Ia sendiri akan maju dari dapil Papua Pegunungan

Sementara itu, Ketua Umum PKN, Gede Pasek Suardika, disebut sebagai salah satu bacaleg. Ia disebut akan maju dari dapil Bali.

Adapun Ketentuan soal pendaftaran caleg telah diteken Ketua KPU RI Hasyim Asyari pada Senin (24/4/2023) lewat surat pengumuman KPU Nomor 19/PL.01.4-PU/05/2023 tentang Pengajuan Bakal Caleg DPR RI Pemilu Serentak 2024.

Dalam surat itu dijelaskan bahwa pihak partai politik harus menyerahkan surat pengajuan menggunakan formulir MODEL B-PENGAJUAN-PARPOL dan daftar caleg menggunakan formulir MODEL B-DAFTAR.BAKAL.CALON.

Artinya, formulir daftar caleg harus dilengkapi dengan foto terbaru dari masing-masing bakal caleg, disertai dengan dokumen pengajuan yang diteken oleh ketua umum atau sekretaris jenderal partai politik yang bersangkutan. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat