visitaaponce.com

Mahfud MD Sebut Pemilu Pasti Curang, Ketua KPU Pastikan Transparan

Mahfud MD Sebut Pemilu Pasti Curang, Ketua KPU Pastikan Transparan
Menko Polhukam, Mahfud MD.(MI/Rommy Pujiato)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, memastikan penghitungan suara pada Pemilu 2024 digelar secara transparan. Hal itu menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang menyatakan bahwa terdapat kecurangan dalam setiap pemilu, tak terkecuali Pemilu 2024.

Menurut Hasyim, semua orang boleh menyaksikan dan merekam jalannya proses penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu, terdapat pengawas dan pemantau di setiap TPS.

"Jadi dilakukan secara terbuka, kalau ada tuduhan ada manipulasi itu pasti diketahui banyak orang," jelasnya di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/5).

Baca juga: Mahfud: Buzzer tak Selalu Propemerintah

Pada Pemilu 2024, Hasyim menyebut pihaknya akan menggunakan sistem informasi rekapitulasi hasil suara atau Sirekap yang telah diterapkan sebelumnya pada Pilkada 2020. Ia mengklaim penggunaan Sirekap untuk Pilkada 2020 berjalan dengan baik.

Selain itu, KPU juga sedang menyiapkan peraturan KPU (PKPU) baru terkait pemungutan dan penghitungan suara. PKPU itu nantinya akan dijadikan dasar untuk membangun Sirekap sebagai sistem penghitungan dan publikasi suara pada Pemilu 2024.

Baca juga: Mahfud MD soal Kecurangan di Pemilu 2024, Sudah Pasti Ada

"Tapi sekali lagi itu hanya membantu KPU dan membantu publik untuk segera mengetahui hasil, tidak dijadikan dasar untuk penentuan secara resmi karena penentuan secara resmi, kan, menurut undang-undang secara manual," tandasnya.

Sebelumnya, Mahfud mengungkap kecuarangan pemilu setelah Orde Baru dilakukan oleh peserta pemilu itu sendiri, bukan pemerintah. Ia menyontohkan salah satu modus kecurangan yang dilakukan adalah peserta pemilu membayar orang tertentu di TPS untuk memalsukan hasil pemungutan suara yang diserahkan ke kelurahan, kecamatan, dan seterusnya.

"Oleh sebab itu saya bilang ke Pak Hasyim dan Bawaslu ketika datang ke kantor saya untuk siap-siap digugat karena pemilu curang," terang Mahfud, Rabu (24/5).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat