visitaaponce.com

Mantan Ketua BEM UI Ingatkan Parpol Harus Wadahi Suara Pemuda

Mantan Ketua BEM UI Ingatkan Parpol Harus Wadahi Suara Pemuda
Manik Marganamahendra(Instagram @marganamahendra)

MANTAN Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Manik Marganamahendra mendeklarasikan keikutsertaannya di kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) DPRD DKI Jakarta. Menurut dia, partai politik harus mampu mewadahi aspirasi dan kritik dari kaum muda. 

“Penting bagi kita, pemuda, untuk muncul di kursi parlemen demi menciptakan ekosistem politik yang baik. Kita membutuhkan kesadaran kolektif,” ujar calon legislatif daerah pemilihan 6 Jakarta Timur tersebut di sela diskusi yang digelar organisasi sayap partai Perindo, Pemuda Perindo, bertajuk Publik Gak Percaya Partai Politik? Pemuda Harus Apa?” di Warunk WOW KWB, Jakarta, Sabtu (17/6). 

Sosok yang dikenal pernah memimpin demonstrasi mahasiswa terbesar pasca-reformasi itu meyakini transformasi negara membutuhkan partisipasi kaum muda. Pemuda harus diberi kesempatan turut andil menentukan kebijakan negara dan harus berani mengambil risiko masuk dalam dunia politik.

Baca juga: Relawan Sedulur Saklawase Gelar Senam Sehat dan Turnamen Futsal

“Tentunya selain melibatkan, kita perlu ada pengawalan para pemuda yang memutuskan masuk politik, hingga pada akhirnya aspirasi yang disampaikan dapat masuk ke meja bundar. Jika diamanahkan sebagai legislatif, nantinya saya butuh pengawalan dan kritikan agar check and balance selalu berjalan,” tuturnya.

Dibuka oleh Diska Resha Putra, selaku Sekjen DPP Pemuda Perindo, forum diskusi tersebut turut menjadi momentum menuju Pileg dan Pilpres 2024. Kegiatan ini menghadirkan narasumber anak-anak muda lainnya, seperti Michael Victor Sianipar (Ketua Harian DPP Pemuda Perindo), Farhan Aziz (Politisi Muda Partai Demokrat), Viridan Aurellio (Ketua BEM KEMA UNPAD 2022), serta Rana Baswedan (Tokoh Pemuda Gagasan Indonesia).

Diskusi ini dihadiri berbagai kalangan seperti pelajar dan mahasiswa, LSM, komunitas, organisasi sayap berbagai partai, dan organisasi mahasiswa eksternal. 

Baca juga: Penyebar Hoaks di Medsos Dipastikan Bisa Dijerat Hukum

“Sosok kritis dan berani seperti Manik adalah udara segar bagi politik Indonesia. Kita butuh regenerasi, energi baru yang fresh,” tutur Michael Sianipar, yang juga menyambut hadirnya Manik di Perindo.

“Harapan kami ke Manik, jangan mengurangi kekritisannya. Perindo terbuka terhadap kritik dan mau pemuda kritis mendapat ruang luas untuk mengekspresikan baik harapan dan keresahan mereka terhadap kondisi masyarakat,” tambah Michael.

Effendi Syahputra, Ketua Umum DPP Pemuda Perindo, turut menekankan pentingnya peran pemuda. Effendi mengajak aktivis dan pemuda kritis lainnya untuk bergabung di politik.

 “Saya pernah turut andil menjadi bagian reformasi 1998, sama seperti Manik yang selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat di jalanan. Reformasi tetap harus dilanjutkan. Dari itu saya berharap politik ini berjalan mulia ke depannya,” jelas Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai Perindo tersebut.

Penutupan kegiatan diskusi ditandai dengan deklarasi Manik Marganamahendra mengikuti kontestasi Pileg DPRD DKI Jakarta. Secara simbolis, Effendi menyematkan jaket partai berlambang burung garuda tersebut kepada Manik. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat