visitaaponce.com

KPK Bantah Ada Intervensi Politik Jelang Pemilu 2024

KPK Bantah Ada Intervensi Politik Jelang Pemilu 2024
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri.(MI/susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tak terpengaruh dengan pertarungan politik terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. KPK merespons hal ini berkaitan dengan isu penjegalan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan melalui perkara di lembaga antikorupsi.

"Kami penegak hukum, tetap bekerja tegak lurus dan tak terpengaruh pernyataan dan intervensi politis dari pihak yang terlibat dalam pertarungan politik di luar KPK," tegas juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri saat dihubungi, Minggu, (25/9).

Anies kerap dikaitkan dengan perkara dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta. Namun, perkara itu masih di tahap penyelidikan.

Baca juga: Dewas KPK Dinilai Sudah Tidak Bisa Lagi Diharapkan

"Sejauh ini masih pada tahap penyelidikan," ucap Ali.

Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana menyoroti penanganan kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E di KPK. Dia menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

Baca juga: KPK Endus 3 Pelanggaran Hukum dari Skandal Pungli Rutan

Dalam pernyataannya, sejumlah pakar juga meyakini Anies bakal ditersangkakan melalui kasus itu. Menurutnya, KPK bakal dijadikan alat untuk menjegal lawan politik pemerintah.

Eks Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menuturkan penjegalan terhadap Anies Baswedan membuktikan boroknya KPK. Lembaga Antirasuah dinilai tak lagi sejalan dengan muruahnya.

"Dari yang sangat independen, menjadi sangat tidak independen. Dari yang tidak punya conflict of interest, jadi sarat conflict of interest," kata Saut Situmorang.

 

(MGN/Z-9)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat