visitaaponce.com

Harun Masiku Dikabarkan di Kamboja, KPK Kita Sudah Koordinasi dari Dulu

Harun Masiku Dikabarkan di Kamboja, KPK: Kita Sudah Koordinasi dari Dulu
KPK mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Polri sejak lama untuk pencarian buronan Harun Masiku.(MI/Susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons kabar yang menyebut buronan sekaligus mantan calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku berada di Kamboja. Lembaga Antirasuah mengeklaim sudah mengoordinasikan pencariannya dengan Mabes Polri sejak lama.

"Kan koordinasi sudah dari dulu," kata  Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Kamis (27/7).

Alex mengatakan KPK sudah meminta Mabes Polri untuk mengeluarkan red notice untuk mempersempit pergerakan Harun di luar negeri. Lembaga Antirasuah juga sudah berkoordinasi dengan interpol untuk memaksimalkan pengejaran.

Baca juga: Harun Masiku di Kamboja, Pengamat: Indonesia dan Kamboja Belum Ada Perjanjian Ekstradisi Koruptor

"Dan kemarin ada informasi katanya ke Malaysia, kita sudah kirim tim, bahkan kita sudah kirim tim untuk menindaklanjuti informasi itu sudah," ucap Alex.

Menurutnya, semua informasi terkait keberadaan Harun langsung ditindaklanjuti meskipun berakhir dengan tangan kosong. Contohnya, saat KPK ke Malaysia. "Penyidik kita kirim (ke Malaysia) ternyata kosong," ujar Alex.

Baca juga: Harun Masiku Dikabarkan Berada di Kamboja, Polri: Kami Usut dengan Interpol

Beredar kabar Harun mengganti kewarganegaraannya di Kamboja. Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti pun memastikan akan menyelidiki informasi itu.
 
"Kami akan tindak lanjuti kerja sama dengan KPK dan Interpol serta otoritas Kamboja," kata Krishna saat dikonfirmasi, Rabu, 26 Juli 2023.
 
Harun Masiku adalah tersangka KPK yang dikejar sejak 2020. Politikus PDIP itu wajib mempertanggung jawabkan kasus dugaan suap pengganti antar waktu (PAW) DPR. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat