visitaaponce.com

Keluarga dan Kuasa Hukum Diminta Dorong Lukas Enembe Disiplin Kesehatan

Keluarga dan Kuasa Hukum Diminta Dorong Lukas Enembe Disiplin Kesehatan
Hakim meminta keluarga dan kuasa hukum mendorong Lukas Enembe disiplin soal kesehatan dirinya.(MI/Susanto)

KETUA Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh berpesan kepada keluarga dan kuasa hukum terdakwa Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe untuk mendorong Lukas disiplin soal kesehatan dirinya.

“Sama-sama mengingatkan terdakwa untuk disiplin ikut petunjuk dan saran dokter yang diberi,” kata Rianto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (1/8).

Rianto mengatakan obat-obatan hingga tim dokter yang kompeten akan mubazir, bila Lukas tidak disiplin. Lukas mesti memiliki kesadaran dan kemauan agar lekas sembuh.

Baca juga: IDI Beberkan Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

“Kalau tidak disiplin ikut petunjuk dokter dan dengan sengaja tidak mau makan dan minum obat, tentu ada efek ke kesehatan pasien,” ujar dia.

Sebaliknya, kesehatan Lukas diyakini segera membaik bila dia disiplin. Sehingga proses persidangan bisa dilanjutkan dengan hasil terbaik.

Baca juga: Hakim akan Dengarkan Pendapat IDI Soal Kesehatan Lukas Enembe

Dalam persidangan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap terdakwa Lukas. Lukas mengalami sejumlah masalah kesehatan, namun tetap bisa mengikuti persidangan.

Salah satunya, yakni penyakit ginjal kronik stadium 5 atau stadium akhir. Hal itu akibat komplikasi diabetes melitus. Jaksa menyebut tim dokter telah menganjurkan Lukas melakukan cuci darah. Namun Lukas dan keluarganya tidak merespons. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat