visitaaponce.com

Data KPK, Integritas Pelajar Turun Seiring Tingginya Jenjang Pendidikan

Data KPK, Integritas Pelajar Turun Seiring Tingginya Jenjang Pendidikan
Semakin tinggi jejang pendidikan, integritas pelajar mengalami penurunan.(Medcom.id)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai pemberantasan korupsi penting dicecarkan ke jenjang sekolah. Sebab, integritas pelajar turun seiring tingginya pendidikan yang diemban.

Informasi itu didapatkan dari survei penilaian integritas (SPI) pada 2022. Berdasarkan data yang didapat, skor integritas untuk sekolah dasar (SD) mencapai 79,02. Sementara itu sekolah menengah pertama (SMP) sebesar 78,95.

"Sekolah menengah pertama (SMA) sebesar 69.34, dan perguruan tinggi sebesar 67,69," Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) KPK Yuyuk Andriati Iskak melalui keterangan tertulis, Senin (7/8).

Baca juga: Wapres: UU Peradilan Militer Perlu Diperbaiki

Yuyuk tidak memerinci alasan penurunan integritas pelajar dari tiap jenjang itu. Data itu dijadikan acuan bagi KPK menebarkan sikap antikorupsi di sekolah.

"Untuk indeks integritas di pendidikan dasar menengah, justru lebih tinggi dibanding perguruan tinggi. Melihat data, sudah benar sekali jika nilai-nilai kejujuran dan antikorupsi ditanamkan sejak dini biar terbiasa hingga dewasa," ujar Yuyuk.

Baca juga: Nilai Pencegahan Korupsi Pemprov DKI Jakarta Tembus 90,59

KPK sudah berkeliling ke banyak sekolah untuk menggelar seminar antikorupsi. Yuyuk berharap pembelajaran yang diberikan bisa tertanam di hati seluruh komponen di dunia pendidikan.

Pemberian pendidikan antikorupsi juga bukan cuma ke siswa. KPK mengatur materi seminar untuk semua komponen di dunia pendidikan, termasuk wali murid.

"Program ini jadi terobosan yang bagus dan bermanfaat untuk ekosistem di sekolah ini. Tidak hanya murid, tapi orang tua murid, pengawas sekolah, dan pihak lain yang berkaitan dengan sekolah," ucap Yuyuk. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat