visitaaponce.com

Hukuman untuk Ferdy Sambo Bisa Lebih Ringan Lagi

Hukuman untuk Ferdy Sambo Bisa Lebih Ringan Lagi
Headline Media Indonesia Rabu, 9 Agustus 2023.(MI)

DOSEN Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) Mudzakkir mengatakan bahwa terdakwa Ferdy Sambo bisa menjalani hukuman yang lebih ringan lagi setelah adanya putusan penjara seumur hidup dari Mahkamah Agung (MA).

Hal itu terjadi bila KUHP baru sudah diberlakukan menggantikan KUHP lama 1946.

"Kalau nanti KUHP baru berlaku, penjara seumur hidup, dengan syarat jika terpidana berkelakuan baik, dan mengajukan peringanan pidana, bisa diubah menjadi penjara dalam waktu tertentu dan secara otomatik berlaku remisi," ujarnya kepada Media Indonesia, Rabu (9/8).

Baca juga : Vonis Putri Candrawathi Berkurang Jadi 10 Tahun, Dapat Diskon dari MA

Menurutnya pemberlakuan KUHP baru nanti akan menguntungkan pihak Sambo. Sebab dalam KUHP lama tidak ada perubahan terhadap vonis hukuman seumur hidup.

Mudzakkir menambahkan bahwa keringanan yang didapat terdakwa Ferdy Sambo di kasasi sebenarnya sudah dapat diprediksi. Menurutnya kalau bukan di Pengadilan Tinggi, maka MA bisa memberi keringanan.

Dia menegaskan bahwa putusan majelis hakim yang lebih berat dari tuntutan jaksa merupakan peluang bagi terdakwa untuk bisa banding. Mengingat pada umumnya putusan majelis hakim sering lebih ringan dari tuntutan jaksa.

Baca juga : MA Ringankan Hukuman 4 Pembunuh Brigadir J, Ferdy Sambo Lolos dari Hukuman Mati

"Atas dasar itu, jaksa tuntut seumur tidur dan hakim putuskan pidana mati ini peluang sangat besar berubah. Peluang lebih besar lagi kalau yang mengajukan banding itu jaksa. Jaksa kalau banding itu jelas menguntungkan pihak terdakwa Ferdy Sambo," jelasnya.

Dengan demikian, tidaklah heran bahwa terjadi perubahan terhadap vonis mati Sambo. Begitu pula dengan terdakwa lain seperti Putri, Kuwat Ma'ruf dan Riki Rizal juga mendapat keringanan. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat