visitaaponce.com

PKS Nilai Wacana Majukan Pilkada Ide yang Bagus

PKS Nilai Wacana Majukan Pilkada Ide yang Bagus
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.(MI)

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan wacana memajukan pilkada 2024 yang berimplikasi pada majunya keserentakan pelantikan kepala daerah merupakan ide yang baik.

“Ini punya dasar, agar keberadaan Pj Kepala Daerah menjadi lebih singkat karena bisa segera digantikan kepala daerah hasil pilkada,” terang Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, kepada Media Indonesia, Kamis (31/8).

Namun, Mardani mengingatkan, dimajukannya Pilkada tetap perlu persiapan yang matang. Hal itu lantaran waktu persiapannya bersamaan dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

Baca juga: Pengamat: Tak Ada Kegentingan Memaksa Terbitkan Perppu Pilkada

“Lalu pastikan netralitas para PJ dan istana. Karena jika dimajukan masih dilaksanakan pada masa pemerintahan,” ungkap Mardani.

Perlu Dikaji

Terpisah, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yanuar Prihatin, meminta agar wacana untuk memajukan jadwal Pilkada 2024 dikaji lebih dalam.

Baca juga: Jokowi Pertanyakan Urgensi Memajukan Jadwal Pilkada 2024

Ia berpendapat, perubahan jadwal Pilkada 2024 berpotensi menimbulkan kegaduhan baru dan menimbulkan ketidakpercayaan publik kepada penyelenggara pemilu maupun pemerintah dan DPR selaku pembuat UU.

Bila mengacu pada UU Pilkada yang ada saat ini, gelaran Pilkada 2024 pada November dilakukan setelah pemerintahan baru dilantik pada Oktober 2024.

Yanuar yang juga Ketua DPP PKB itu mengatakan, kekhawatiran soal pemerintahan yang baru bakal terseok-seok mempersiapkan Pilkada 2024 sebagai hal berlebihan. Sebab, teknis penyelenggaraan Pilkada 2024 berada di tangan KPU dan Bawaslu, bukan pemerintah.

Yanuar juga menyinggung pemajuan Pilkada 2024 ke September bakal menempatkan kegiatan tersebut dalam rentang kendali pemerintahan saat ini.

Ia menyebut, secara politik, pemerintahan sekarang sedang dalam puncak konsolidasi yang kokoh dan tidak mungkin bebas kepentingan dalam pelaksanaan pilkada tersebut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat