visitaaponce.com

Wasekjen PBB Prabowo dan Yusril Saling Melengkapi di Jaringan Internasional

Wasekjen PBB: Prabowo dan Yusril Saling Melengkapi di Jaringan Internasional
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) memegang lambang PBB didampingi Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (kanan).(Ant)

WAKIL Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Bidang Kaderisasi dan Pencitraan Partai Bulan Bintang (PBB) Solihin Pure menyampaikan salah satu kapasitas yang harus dilihat dari kandidat calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) adalah wawasan dan koneksi internasional.

“Menjadi Presiden dan Wakil Presiden tak hanya mengurus urusan domestik dalam negeri. Namun, juga berhubungan dengan dunia luar. Ada dialog, kerja sama, lobi dengan negara lain. Kalau tidak punya koneksi internasional, bagaimana mau menjalin hubungan,” ujar Pure melalui keterangannya, Kamis (14/9).

Baca juga: PAN: Prabowo Deklarasi Cawapres sebelum 10 Oktober

Menurut Pure, itu adalah salah satu pertimbangan PBB memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Gerindra itu mempunyai wawasan dan koneksi internasional yang sangat luas.

Pure melanjutkan, sama seperti Prabowo, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra juga merupakan sosok yang memiliki wawasan, rekam jejak, dan koneksi internasional yang sudah dikenal luas.

Tidak hanya itu, koneksi internasional Prabowo dan Yusril juga saling melengkapi satu sama lain.

“Selama ini Pak Prabowo diketahui punya hubungan kuat dengan negara-negara Barat. Nah, Pak Yusril ini pelengkapnya karena hubungan Pak Yusril kuat di negara-negara Asia dan negara-negara Timur,” ujar Pure.

Baca juga: Yusril Instruksikan DPW PBB Bentuk Tim Pemenangan Prabowo Subianto

Yusril aktif pada berbagai organisasi internasional, seperti ASEAN, Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO), dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Pada forum-forum internasional, apabila Prabowo sedang berhalangan, Yusril dapat menggantikannya untuk hadir," kata dia. 

Menurut Pure, Yusril dapat menjadi seperti Jusuf Kalla (JK) yang begitu aktif pada forum-forum internasional.

Ketika menjadi Wakil Presiden, baik di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maupun era Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah sosok yang begitu dipercaya jadi perwakilan Indonesia pada forum-forum internasional, seperti di Sidang Umum PBB.

“Nantinya, seperti Pak Jusuf Kalla, Wakil Presiden yang begitu gagah dan percaya diri pada forum dan panggung internasional,” pungkas Pure. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat