visitaaponce.com

BIN Diawasi Panja Netralitas Pemilu

BIN Diawasi Panja Netralitas Pemilu
BIN masuk dalam bagian yang diawasi oleh panitia kerja (panja) netralitas pemilu(Dok.MI)

BADAN Intelijen Negara (BIN) masuk dalam bagian yang diawasi oleh panitia kerja (panja) netralitas pemilu. Panja ini dibentuk menyusul disahkannya panja netralitas TNI di Komisi I DPR.

"(BIN) sudah ada, namanya panja netralitas pemilu," kata anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 16 November 2023.

Panja netralitas pemilu bertugas mengawasi gabungan antarlembaga. Hal ini bentuk persiapan untuk meneguhkan komitmen netralitas lembaga dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga : PDIP: Memperjuangkan Hak Angket adalah Hak Tiap-tiap Anggota DPR

"Mitra yang diawasi di Komisi I: BIN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSS), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan Dewan Pers," ungkap Hasanuddin.

Ia menambahkan panja netralitas pemilu dibentuk berdasarkan kesepakatan antarkomisi. Namun, Hasanuddin belum mengungkap ketua panja tersebut.

"Kesepakatan komisi jadi ada dua panja," ucap Hasanuddin.

Baca juga : Pengamat Nilai PDIP belum Satu Suara soal Hak Angket

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul juga berbicara soal pembentukan panja pengawasan pemilu. Namun, ia belum mengungkap teknis panja tersebut, apakah merupakan gabungan antarkomisi di DPR.

"Nanti akan dibentuk Panja pengawasan pemilu, khusus. Karena pemilu itu adalah sebuah kegiatan yang menggoncang seluruh rakyat republik, gak ada kegiatan lain kecuali pemilu nasional," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Sebelumnya, panja netralitas TNI di Komisi I DPR telah terbentuk. Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Utut Adianto, selaku pengusul juga telah ditetapkan sebagai ketua panja. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat