visitaaponce.com

Jelang Debat Capres-Cawapres, KPU Diingatkan Soal Agenda Perempuan

Jelang Debat Capres-Cawapres, KPU Diingatkan Soal Agenda Perempuan
Ilustrasi MI(MI/Seno )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI diingatkan untuk mengangkat agenda perempuan dalam debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang mulai digelar Selasa (12/12). Sebab, masih banyak ketimpangan yang dialami perempuan, mulai dari pendapatan, akses pendidikan, dan kesempatan.

Peneliti bidang politik The Indonesian Institute, Felia Primaresti menilai, tema debat capres-cawapres yang dirilis oleh KPU belum secara spesifik menyentuh isu perempuan. Menurutnya, masyarakat memiliki hak untuk mengetahui perspektif gender dari para capres-cawapres.

"Masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui apakah capres dan cawapres yang ada memiliki perspektif gender dan tawaran mereka dalam merancang kebijakan yang berbasis gender dan memperhatikan isu-isu perempuan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12).

Baca juga: Narasi Debat Capres-Cawapres Harus Membumi

Felia berpendapat, isu perempuan penting dalam berbagai sektor, khususnya ekonomi. Sebab, 65% sektor UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Kendati demikian, perempuan masih menghadapi banyak hambatan, seperti mengakses modal pinjaman, peran ganda, dan hambatan struktural lainnya.

Adapun dalam sektor politik, Felia melanjutkan, peran perempuan juga perlu diperkuat lagi. Affirmative action atau kebijakan afirmasi kuota 30% menurutnya belum memberikan dampak nyata bagi perubahan nasib perempuan di Indonesia dan pembuatan kebijakan-kebijakan yang berperspektif perempuan.

Baca juga: KPU Gelar Nobar Debat Capres-Cawapres

"Karena isu ini cukup krusial, KPU sebagai penyelenggara pemilu perlu mengangkat isu ini dalam agenda debat pasangan capres dan cawapres mendatang. Untuk itu, KPU perlu membuat mekanisme dan substansi tema debat yang juga akan membahas isu-isu perempuan yang kontekstual dengan lebih kritis dan komprehensif," tandasnya.

Dari lima rangkaian debat yang diselenggarakan, tiga di antaranya adalah debat capres. Sedangkan dua lainnya adalah debat cawapres. Agenda pertama yang bakal digelar oleh KPU adalah debat capres, kedua adalah debat cawapres, ketiga adalah debat capres, keempat adalah debat cawapres, dan kelima adalah debat capres.

 

Tema Debat Pilpres 2024

  1. Debat Capres: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.
  2. Debat Cawapres: Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.
  3. Debat Capres: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.
  4. Debat Cawapres: Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan Desa.
  5. Debat Capres: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi. (Tri/Z-7)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat