visitaaponce.com

Berkenalan dengan Lita Tyesta ALW, Panelis Debat Capres Perdana dari Undip Semarang

Berkenalan dengan Lita Tyesta ALW, Panelis Debat Capres Perdana dari Undip Semarang
Ahli hukum tata negara dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Lita Tyesta ALW.(Dok. Bawaslu Jateng)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI telah meresmikan 11 panelis yang bertugas merumuskan pertanyaan kunci untuk debat capres-cawapres perdana yang dijadwalkan pada Selasa (12/12). Satu di antara panelis debat perdana di Pilpres 2024 yang ditunjuk oleh KPU adalah sosok yang sudah tak asing lagi di dunia hukum, yaitu Lita Tyesta ALW, seorang ahli hukum tata negara yang berasal dari Universitas Diponegoro (Undip).

Profil Singkat Lita Tyesta ALW

Lahir di Purwekerto pada 26 September 1960, Lita Tyesta telah menyumbangkan pengetahuannya sebagai pengajar di Fakultas Hukum Undip, Semarang. Pendidikan tinggi dari tingkat S1 hingga S3-nya berhasil diselesaikan di Undip, menandai dedikasinya terhadap dunia akademis.

Baca juga: Jejak Karier Khairul Fahmi, Panelis Debat Pemilu 2024

Selain menjadi sosok pengajar yang berdedikasi, Lita Tyesta juga aktif di berbagai kegiatan akademis dan kepemimpinan. Ia pernah memimpin sebagai Ketua Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Undip dalam periode 2006-2011. Selama kepemimpinannya, ia berhasil membawa bagian tersebut menjadi salah satu yang terdepan dalam penelitian dan kontribusi terhadap pengembangan ilmu hukum tata negara di Indonesia.

Keahlian Lita Tyesta tidak hanya terbatas pada lingkup nasional, melainkan juga internasional. Keterlibatannya dalam berbagai konferensi internasional, seperti Archives as a Defense System of Indonesian Maritime Sovereignty Conference (AMCA Conference) di Filipina dan Beginner Voters Participation on 2019 AMCA Conference di Brunei Darussalam, membuktikan reputasinya yang mendunia.

Baca juga: Siapa Ahmad Taufan Damanik Panelis Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024? Ini Profilnya

Di samping aktivitas pengajaran dan konferensi internasional, Lita Tyesta juga terlibat aktif di tingkat lokal. Ia sering didaulat menjadi Tim Ahli Perancang Peraturan Perundang-undangan di tingkat daerah dan berkontribusi sebagai Tim Penyusun Naskah Akademis Rancangan Peraturan Daerah.

Tak hanya itu, dalam perannya sebagai Pembina Racana Pramuka Undip, Lita Tyesta memperlihatkan komitmennya terhadap pengembangan kepemudaan dan karakter generasi muda. Perannya yang luas terlihat pula sebagai Dewan Pengawas Internal pada Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Tengah.

Puncak dari perjalanan akademisnya terjadi pada Rabu (6/9) lalu, di mana Lita Tyesta resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Perundang-undangan Undip. Acara tersebut dimeriahkan dengan paparan naskah ilmiah yang disampaikannya, berjudul 'Relasi Pemerintahan Pusat dan Daerah sebagai Dampak Omnibus Law Undang-undang No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja'.

Dengan segala prestasi dan kontribusinya di berbagai bidang, Lita Tyesta ALW menjadi salah satu kekuatan intelektual yang akan turut menentukan arah debat calon presiden pekan ini.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat