visitaaponce.com

Sering Mangkir, Firli Bahuri Harus segera Ditangkap

Sering Mangkir, Firli Bahuri Harus segera Ditangkap
Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri(MI)

IM57+ Institute menyayangkan mangkirnya Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dari jadwal pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Polisi diminta tegas dengan segera melakukan penangkapan.

"Mangkirnya Firli yang sudah berkali-kali ini harus segera ditindaklanjuti dengan di keluarkannya surat penangkapan dari penyidik Polda Metro Jaya," kata Ketua IM57+ Insitute Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Kamis (21/12).

Penangkapan Firli dinilai penting untuk mempercepat penanganan kasus dugaan penerimaan suap, gratifikasi, dan pemerasan yang menjeratnya.

Baca juga: Firli Mangkir dari Sidang Etik dan Pemeriksaan Polda Metro

"Seluruh unsur subjektif penyidik sebagaimana di atur dalam KUHAP untuk menahan tersangka sudah terpenuhi. Apalagi, Firli Bahuri menyalahgunakan alat bukti perkara lain yang sedang ditangani KPK untuk kepentingan pribadinya pada proses praperadilan yang lalu. Segera tahan Firli Bahuri," tegas Praswad.

Firli mangkir dengan dalih ada agenda penting yang harus didatangi. Alasan itu dinilai mengada-ada karena ketua nonaktif KPK itu kini tidak lagi bekerja usai diberhentikan sementara.

Baca juga: Firli Mangkir Pemeriksaan dengan Alasan Ada Agenda Penting

"Alasan-alasan yang tidak masuk dalam logika akal sehat ini jika dibiarkan dan diberikan ruang toleransi, akan menjadi preseden buruk dalam penegakan hukum ke depan. Seluruh saksi dan tersangka di indonesia akan mencontoh tindakan yang tidak patuh hukum ini," ucap Praswad.

Firli, pada hari yang sama, juga tidak menghadiri sidang etik di Dewas KPK. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat