visitaaponce.com

Sosok Panelis Debat Ketiga Capres Philips J Vermonte

Sosok Panelis Debat Ketiga Capres Philips J Vermonte
Philips J. Vermonte.(Dok CSIS.)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan panelis-panelis yang akan memimpin perumusan pertanyaan dalam tema debat calon presiden (capres) pada Minggu (7/1). Sebanyak 11 nama ahli telah dipilih untuk menjamin kelancaran diskusi yang mendalam dan informatif, salah satunya Philips J. Vermonte. 

Philips Vermonte bukan hanya seorang akademisi tetapi juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Kepakaran dan kontribusinya dalam dunia riset strategis semakin terlihat dengan perannya sebagai Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia sejak Januari 2016.

Beliau tidak hanya memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, melainkan juga telah meraih gelar doktor dalam Ilmu Politik Perbandingan dari Northern Illinois University di Amerika Serikat dengan beasiswa Fulbright. Sebelumnya, ia meraih gelar Magister Studi Internasional dari University of Adelaide, Australia, yang didukung oleh beasiswa Australian Development Scholarship (ADS).

Baca juga: Profil Curie Maharani Panelis Debat Ketiga Capres

Tak hanya berfokus pada ranah pendidikan, pria kelahiran 14 Juli 1972 tersebut juga telah memperkuat pengalamannya melalui peran sebagai senior fellow di CSIS. Ia turut aktif dalam riset politik menjadi peneliti utama survei opini publik yang rutin dilakukan oleh CSIS sejak 2012.

Penting untuk dicatat bahwa Philips Vermonte saat ini menjalani masa kepemimpinan kedua (2020-2025) sebagai Ketua Asosiasi Periset Opini Publik Indonesia (Persepi), tanggung jawab yang menunjukkan kepercayaan dan pengakuan atas kualitas kontribusinya dalam ranah riset dan opini publik di Indonesia. Selain itu, ia menjadi Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), memperkuat jaringan dan kolaborasi dalam bidang sains dan penelitian.

Baca juga: Guru Besar UI Evi Fitriani Panelis Debat Capres 2024

Philips Vermonte tidak hanya aktif di bidang politik dan penelitian, tetapi juga mengukuhkan dirinya dengan mendirikan dan memimpin Unit Riset Manajemen Bencana (DMRU) di CSIS pada 2018. Unit ini fokus pada penelitian terkait bencana dan analisis kebijakan di Indonesia, sambil menjalin hubungan erat dengan berbagai pemangku kepentingan di dalam dan luar negeri dalam upaya manajemen bencana. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat