visitaaponce.com

Arsul Sani akan Dilantik sebagai Hakim MK Besok

Arsul Sani akan Dilantik sebagai Hakim MK Besok
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani (dua dari kanan) setelah diputuskan terpilih jadi hakim MK oleh DPR.(MI/Moh Irfan)

ARSUL Sani akan segera dilantik menjadi hakim konstitusi pada Mahkamah Konstitusi (MK) besok, Kamis (18/1). Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PPP itu akan menggantikan Hakim Wahiduddin Adams yang memasuki masa pensiun per 17 Januari 2024.

"Infonya besok (pelantikan), Kamis pukul 10.00 WIB di Istana," ujar Juru Bicara MK kepada Media Indonesia, Rabu (17/1).

Baca juga: Terpilihnya Arsul Sani Jadi Hakim MK Dipertanyakan

Sebelumnya pelantikan Arsul Sani dijadwalkan berlangsung hari ini. Mengingat dia akan menggantikan Wahiduddin yang memasuki masa purna bakti.

"Kalau melihat tanggal pensiunnya Pak Wahiduddin, 17 Januari. Kan selalu itu kan kalau hakim MK, sepanjang (pensiun) di hari kerja, pas hari pensiun itu pelantikan," kata Arsul beberapa waktu lalu.

Baca juga: Alasan DPR Pilih Arsul Sani Jadi Hakim MK

Dia mengatakan akan memegang prinsip independensi dan imparsialitas jika nanti dilantik menjadi hakim konstitusi. Hal itu penting sebagai pegangan hakim agar mampu memberi putusan yang adil tanpa ada intervensi dari pihak lain.

"Yang namanya fondasi hakim, satu, independensi; dua, imparsialitas. Independensi itu dia harus jaga jarak dengan pihak yang berkepentingan. Imparsialitas itu harus adil dengan siapa pun," kata dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat