visitaaponce.com

Orasi di Yogyakarta, Anies Ini Bukan Negeri Milik Satu Keluarga

Orasi di Yogyakarta, Anies: Ini Bukan Negeri Milik Satu Keluarga
Capres Anies Baswedan melakukan orasi politik di depan para pendukungnya saat Apel Akbar Rakyat, Yogyakarta.(MI/Usman Iskandar)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menekankan bahwa masyarakat harus ingat negeri ini bukan milik keluarga dan diatur semaunya. Hal ini disampaikan saat berorasi dalam kampanye akbar di Yogyakarta.

"Kita tidak ingin negara ini diatur seperti keluarga. Ini bukan negeri milik seseorang, ini bukan negeri milik satu keluarga," kata Anies di Lapangan Jambidan, Bantul, Yogyakarta, Selasa, 23 Januari 2024.

Baca juga: Anies Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Megawati

Anies merasakan bahwa negara tengah berada di persimpangan jalan. Karena negara seolah menjadi negara kekuasaan.

"Ini adalah negeri milik seluruh rakyat Indonesia. Kita ingin mempertahankan jangan sampai jadi negara kekuasaan," ucap Anies.

Baca juga: Waspada Hoaks! Ini Kata Netizen atas Beredar Rekaman Suara Ketum Partai NasDem dengan Anies Baswedan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa negara harus berdiri berdasarkan asas hukum. Negara hukum sejatinya penguasa diatur oleh hukum. Sedangkan negara kekuasaan, penguasa mengatur hukum.

"Kita tidak ingin menjadi negara kekuasaan dimana hukum di tekak tekuk sesuai kepentingan penguasa. Hukum diubah-ubah sesuai dengan pemegang kekuasaan, betul? Dan kemudian praktik-praktik pelanggaran dibiarkan," ujar Anies.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat