visitaaponce.com

Hampir Semua Surat Suara Pemilu 2024 Terkirim ke KabupatenKota

Hampir Semua Surat Suara Pemilu 2024 Terkirim ke Kabupaten/Kota
Pekerja menyelesaikan sortir dan melipat surat suara Pilpres 2024.(Dok. MI/Ramdani)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mengirim hampir semua surat suara dan formulir kelengkapan Pemilu 2024 ke KPU kabupaten/kota. Setelah dikirim, surat suara tersebut langsung dilakukan sortir dan pelipatan untuk dimasukkan ke kotak suara dan didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Untuk surat suara, formulir, sudah di atas 99 persen, itu sudah ada di gudang-gudangnya KPU kabupaten/kota," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Sabtu (3/2).

Menurut Hasyim, Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu mengharuskan pendistribusian surat suara beserta kotak suara ke TPS dilakukan H-1 sebelum hari pencoblosan. Pihaknya menyerahkan mekanisme dan jadwal penyerahan logistik pemilu ke jajaran KPU kabupaten/kota.

Baca juga : Telanjur Dikirim, 62 Ribu Surat Suara di Taipei Dianggap Rusak

Sebab, setiap daerah di Indonesia memiliki aspek keselamatan dan karakter masing-masing. Hasyim menjelaskan, daerah kepulauan yang harus dijangkau lewat laut berbeda karakternya dengan daerah yang harus ditempuh dengan melintasi hutan-hutan ataupun perkotaan.

"Nanti diserahkan masing-masing KPU kabupaten/kota untuk mendesain jadwal mendistribusikan alat perlengkapan penghitungan pemungutan suara atau sering dikenal dengan logistik pemilu," jelasnya.

Adapun untuk gelaran Pemilu 2024 di luar negeri, Hasyim mengatakan logistiknya sudah terkirim semua. Bahkan, warga negara Indonesia (WNI) yang memilih dengan metode pos sudah dapat mencoblos surat suara, mengingat surat suaranya dikirim pada 2-11 Januari lalu.

Baca juga : 978 Lokasi TPS di Jakarta Utara dan Timur Rawan Banjir

Setelah dicoblos, surat suara yang terdiri dari Pemilu Presiden-Wakil Presiden dan Pemilu DPR RI dapil Jakarta II itu dimasukkan lagi ke dalam amplop dan dikirim ke PPLN masing-masing. Dalam beberapa hari ke depan, Hasyim mengatakan pemilihan metode kotak suara keliling (KSK) di luar negeri bakal dilakukan.

"Jadi ada petugas KPPS yang menangani kotak suara keliling, nanti akan mendatangi komunitas-komunitas di mana warga kita berada, misalkan seperti di perkebunan atau di pabrik-pabrik," terangnya.

Sementara itu, pemilu Indonesia di luar negeri dengan metode pencoblosan langsung di TPS diselenggarakan dengan waktu yang berbeda. Di Vietnam, misalnya, Pemilu 2024 dilakukan lebih awal, yaitu 5 Februari. Sementara itu, pemilu RI di Amerika dan Australia pada 10 Februari. Adapun pencoblosan di Malaysia baru dilakukan pada 11 Februari.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat