visitaaponce.com

Munculnya Petisi dari Civitas Kampus Harus Disyukuri dalam Demokrasi

Munculnya Petisi dari Civitas Kampus Harus Disyukuri dalam Demokrasi
Diskusi bertajuk, Peran Nyata Kampus dalam Penentuan Nasional Demokrasi Indonesia di Fisipol UGM, Yogyakarta, 8 Februari 2024.(Dok. MI)

BEBERAPA hari belakangan ini, petisi di kampus banyak bermunculan. Mereka menyatakan agar demokrasi kembali ke jalan yang benar dengan mengedepankan nilai-nilai etika.

Menanggapi hal tersebut, Dosen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM Abdul Gaffar Karim menyatakan, munculnya banyak petisi di kampus harus disyukuri. Menurut dia, hal yang lumrah jika ada parpol yang menumpang dalam gerakan moral yang disuarakan.

"Tapi, kita syukuri karena voices itu kembali muncul karena di masa-masa sebelumnya hampir selama 10 tahun terakhir ini, voices dianggap sebagai noise dan kalau sudah dianggap noises harus di-cancel, harus disenyapkan," kata dia saat diskusi di UGM yang bertajuk, Peran Nyata Kampus dalam Penentuan Nasional Demokrasi Indonesia di Fisipol UGM, Yogyakarta, Rabu (7/2).

Baca juga : Kampus Resah, Kepercayaan Publik ke Jokowi Makin Tergerus

Ia menyebut, petisi tersebut bukan berarti kampus baru bangkit sekarang. Namun, petisi-petisi itu menunjukkan, kampus baru bersuara secara bersama-sama sekarang.

Dulu, mahasiswa dan dosen berbicara sendiri-sendiri sehingga mudah sekali volumenya dikecilkan. Namun, ketika mereka bersuara bersama-sama, efek yang ditimbulkan berbeda.

Menurut dia, petisi-petisi tersebut tetap harus disikapi positif dan didukung. Munculnya orang-orang parpol yang menjadi penumpang gelap yang mendukung petisi tersebut pun merupakan hal yang lumrah.

Baca juga : Petisi Kritik Jokowi Tidak Dikeluarkan UGM Secara Mendadak

"Jangan berpikiran, kalau ada penumpang gelap, kendaraannya tidak boleh jalan. Kendaraannya jalan terus. Di tengah jalan, penumpang gelap kita tendangi satu-satu supaya jatuh," kata dia.

(Z-9)

Baca juga : Muhammadiyah Minta Seruan Civitas Academica Direspons Positif

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat