visitaaponce.com

Surat Suara Tercoblos ke Prabowo-Gibran, KPU Bakal Koordinasi dengan PPLN Jeddah

Surat Suara Tercoblos ke Prabowo-Gibran, KPU Bakal Koordinasi dengan PPLN Jeddah
Ilustrasi - KPU akan berkoordinasi dengan PPLN Jeddah terkait surat suara yang tercoblos ke pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran.(MI/Ramdani)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI mengaku akan segera berkoordinasi dengan panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Jeddah, Arab Saudi.

Penelusuran ihwal adanya surat suara yang tercoblos ke pasangan calon presiden nomor dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Diketahui, viral video di media sosial yang menampilkan adanya surat suara tercoblos ke nomor dua di Makkah (Mekkah), Arab Saudi.

“KPU segera akan koordinasi dengan PPLN Jeddah untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai video yg tersebar di akun X tersebut,” ungkap Komisioner KPU RI Idham Holik kepada Media Indonesia, Senin (12/2).

Baca juga : KPU Didorong Telusuri Surat Suara yang Tercoblos ke Prabowo-Gibran di Makkah, Arab Saudi

Di dalam aturan pemungutan suara, kata Idham, apabila surat suara rusak, maka pemilih dapat meminta penggantinya sekali.

Idham menyebut seharusnya yang bersangkutan atau pemilih meminta pengganti kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara luar negeri (KPPS LN).

“Sekarang pertanyaannya apakah yang bersangkutan ketika membuat video berada di TPS LN atau berada di kartu susunan keluarga (KSK) atau bukan. Kalau bukan, apakah yang bersangkutan itu pemilih pos. kalau bukan lagi, ini yang perlu didalami lagi,” ujarnya.

Baca juga : 1.972 Surat Suara di Malaysia Dicoblos Orang tak Berwenang

Idham yakin Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan menindaklanjuti adanya dugaan kecurangan oleh paslon nomor dua itu.

“Karena dugaan pelanggaran pemungutan dan penghitungan suara itu kewenangan atributif Bawaslu RI,” tandasnya. (Z-3)

Baca juga : TKN Sebut Pencalonan Gibran Sesuai dengan Konstitusi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat